News
Kamis, 13 April 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 13 April

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Dokumentasi Pembantaian Gardelegen. (Scrapbookpages.com)

Catatan sejarah dari berbagai belahan dunia terangkum dalam catatan peristiwa dunia hari ini.

Semarangpos.com, SEMARANG – Berbagai macam peristiwa penting dan bersejarah terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada hari ke-103—hari ke-104 dalam tahun kabisat—dalam sistem kalender Gregorian, 13 April. Demi mengenang berbagai macam peristiwa tersebut, berikut Solopos.com menyajikan catatan peristiwa dunia hari ini, 13 April, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

Advertisement

1111
Henry V dinobatkan sebagai pemimpin Kekaisaran Romawi menggantikan ayahnya, Henry IV, yang meninggal dunia. Ia adalah kaisar terakhir dari Dinasiti Salian yang memimpin Kekaisaran Romawi.

1204
Tentara Salib berhasil menguasai Konstantinopel—kota yang kini dikenal sebagai Kota Istanbul di Turki—dalam Perang Salib IV. Peristiwa tersebut sekaligus menjadi tanda runtuhnya Kekaisaran Bizantium. Meski sempat runtuh, Kekaisaran Bizantium bangkit kembali beberapa tahun kemudian.

Advertisement

1204
Tentara Salib berhasil menguasai Konstantinopel—kota yang kini dikenal sebagai Kota Istanbul di Turki—dalam Perang Salib IV. Peristiwa tersebut sekaligus menjadi tanda runtuhnya Kekaisaran Bizantium. Meski sempat runtuh, Kekaisaran Bizantium bangkit kembali beberapa tahun kemudian.

1943
Kuburan massal dari Tahanan Perang Polandia yang dibunuh tentara Rusia ditemukan. Pihak Rusia membantah pembunuhan terhadap tahanan perang Polandia itu dilakukan pihak militernya. Penemuan kuburan massal itu memicu ketegangan kedua negara tersebut.

1943|

Advertisement

Presiden ke-32 Amerika Serikat (AS) meresmikan monumen yang dibangun di Washington D.C. untuk mengenang jasa Thomas Jefferson. Thomas dikenal sebagai bapak pendiri bangsa sekaligus presiden ke-3 AS.

1945
Militer Jerman membunuh lebih dari 1.000 tahanan perang dan tahanan politik di Gardelegen, Jerman. Peristiwa itu lantas dikenang dengan nama Pembantaian Gardelegen.

1964
Sidney Poitier menjadi orang berkulit hitam pertama yang memenangi gelar aktor terbaik dalam ajang Piala Oscar. Ia memenangi gelar tersebut setelah membintangi film berjudul Lilies of the Field yang dirilis setahun sebelumnya.

Advertisement

1972
Pertempuran An Loc yang melibatkan pihak Vietnam Utara dan Vietnam Selatan yang dibantu pasukan Amerika Serikat (AS) meletus di An Loc, Provinsi Binh Long, Vietnam. Pertempuran tersebut berlangsung selama berbulan-bulan. Pihak Vietnam Selatan dan AS menjadi pemenang dalam pertempuran tersebut.

1987

Ronald Reagan. (Abcnews.com)

Advertisement

Presiden Amerika Serikat (AS) Ronald Raegan mengundang pemimpin Uni Soviet Mikhail Gorbachev ke AS untuk kali kedua. Gorbachev menolak undangan Regan itu untuk kali kedua setelah beberapa hari sebelumnya ia juga diundang untuk ke AS oleh Raegan. Gorbachev menolak undangan tersebut karena ia merasa semua orang AS tak bisa dipercaya.

1989
Tentara Israel melakukan serangan di sebuah desa di Tepi Barat. Serangan itu menewaskan enam warga Palestina. Israel menyerang desa tersebut demi meredam perlawanan rakyat Palestina terhadap tentara Israel.

1992
Putri Anne Elizabeth Alice Louise, anak dari Ratu Inggris Elizabeth II, resmi bercerai dengan suaminya, Mark Phillips, yang menikahinya pada 1973. Sebelum resmi bercerai, Anne dan Mark sudah pisah ranjang selama kurang lebih dua tahun.

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 12 April

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 11 April

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 10 April

nia

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif