Teknologi
Rabu, 12 April 2017 - 10:45 WIB

Teleskop NASA Tangkap Penampakan Aurora Menakjubkan di Uranus

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Aurora di langit Uranus. (Istimewa)

Hubble menangkap fenomena aurora menakjubkan di Planet Uranus.

Solopos.com, WASHINGTON — Pemandangan menakjubkan di Uranus terekap Teleskop Antariksa Hubble milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dan Agensi Antariksa Eropa. Foto yang diperlihatkan NASA itu merekam penampakan aurora cantik di Uranus.

Advertisement

Aurora bisa terjadi di planet lain selain Bumi selama mereka memiliki atmosfer dan medan magnet. Mereka disebabkan oleh aliran partikel bermuatan yang berasal dari angin surya dan vulkanisme bulan atau ionosfer planet.

Ketika partikel-partikel ini terperangkap dalam medan magnet dan perjalanan ke atmosfer, mereka berinteraksi dengan atmosfer seperti oksigen dan nitrogen. Interaksi ini memicu semburan spektakuler cahaya yang disebut aurora.

Para ilmuwan telah mengamati dan mempelajari aurora di Jupiter dan Saturnus selama bertahun-tahun, tapi minat mereka untuk aurora Uranus yang lebih baru dan masih ada banyak pertanyaan belum terjawab. Tapi pada 2011, Hubble Space Telescope NASA / ESA menjadi teleskop pertama di Bumi untuk menangkap gambar aurora di Uranus.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif