Teknologi
Rabu, 12 April 2017 - 11:45 WIB

Fenomena Pink Moon Bakal Terlihat Malam Ini

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi fenomena Pink Moon. (Istimewa)

Pink Moon alias full moon pertama di musim semi bakal terlihat hari ini.

Solopos.com, SOLO — Hari ini, Selasa (12/4/2017), fenomena full moon pertama di musim semi bakal bisa disaksikan. Fenomena ini dikenal pula dengan sebutan “Pink Moon” meski belum pasti berwarna merah muda.

Advertisement

April Pink Moon juga disebut sebagai Egg Moon, Sprouting Grass Moon atau Easter Moon. Bulan ini hanya muncul pada awal musim semi dan menyebar luas di seluruh Amerika Serikat.

Dilansir Space.com, Rabu (12/4/2017), nama-nama bulan purnama tersebut berasal dari suku asli Amerika yang berbeda, dan digunakan untuk menandai akhir dan awal musim. Meskipun tidak nampak berwarna pink, bulan purnama musim semi ini masih menjadi suatu hal istimewa.

“Tahun 2017 ini, bulan purnama muncul untuk merayakan pergantian musim dengan planet menyilaukan Jupiter. Jupiter pada gilirannya tetap berada di depan konstelasi Virgo sampai November 2017, jadi meskipun bulan akan meninggalkan Virgo beberapa hari lagi, tetapi Jupiter tetap di sekitar Spica, bintang paling terang yang dimiliki Virgo, untuk bulan-bulan mendatang,” laporan dari EarthSky.org dikutip dari CBSnews, Rabu.

Advertisement

Pink Moon akan berbentuk bulat penuh ketika berada di sisi berlawanan dari Bumi seperti matahari pada Selasa 11 April sekira pukul 2:08 waktu setempat hingga 12 April.

Situs astronomi Slooh juga akan menangkap semua aksi Pink Moon tersebut dengan live streaming di halaman website-nya.

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Full Moon Pink Moon
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif