News
Rabu, 12 April 2017 - 21:14 WIB

DEBAT PILKADA JAKARTA : Ditanya Terobosan Kesehatan, Anies Cerita Nenek Lapar di Koja

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pasangan calon nomor urut 3 Anies Baswedan (kiri)-Sandiaga Uno, mengikuti debat publik final di Jakarta, Jumat (10/2/2017) malam. (Dwi Prasetya/JIBI/Bisnis)

Debat pilkada DKI Jakarta diwarnai pertanyaan soal terobosan program kesehatan. Anies pun menceritakan nenek lapar di Koja.

Solopos.com, JAKARTA — Isu kesehatan warga menjadi salah satu pertanyaan bagi para calon gubernur/wakil gubernur DKI Jakarta. Dalam debat Pilkada DKI Jakarta Rabu (12/4/2017), kedua pasangan memberikan jawaban yang berbeda.

Advertisement

Moderator Ira Koesno mempertanyakan program yang ada saat ini tidak bisa mengatasi akar masalah, seperti buruknya sanitasi dan masih ada 1 juta warga DKI yang tak punya jamban. Dia bertanya terobosan apa yang dimiliki calon selain program pengobatan.

“Kita inginkan masyarakat Jakarta nanti bersyukur karena sehat. Pemerintah dan masyarakat harus menyadari pentingnya gaya hidup sehat, baru bicara pengobatan. Di banyak daerah fokus pengobatan, kita akan fokus ke kesehatan warga dan lingkungan,” kata Anies Baswedan.

Anies berjanji akan merekrut tenaga medis yang akan berkeliling di kampung-kampung untuk memastikan keluarga dan lingkungan sehat, serta mendeteksi masalah. “Jangan ada kelaparan, di Koja ada nenek yang bukan saja renta, tapi bilang ‘saya lapar’. Ini tak boleh terjadi,” katanya.

Advertisement

Sementara itu, cawagub nomor urut 2 Djarot Saiful Hidayat menunjukkan program yang sudah berjalan di DKI Jakarta, yaitu “ketuk pintu layani dengan hati”. Puskesmas, katanya, telah menjadi garis terdepan untuk mempromosikan kesehatan warga.

“Setiap datang ke rumah warga untuk mengecek, mereka akan mengetahui apakah ada TBC atau penyakit lain. Kedua dengan membangun sanitasi yang baik dengan bedah rumah. Ketiga, mengefektifkan PKK dan dasawisma untuk mendeteksi kesehatan masyarakat.”

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif