Jateng
Selasa, 11 April 2017 - 07:50 WIB

UNBK 2017 : Dinas P dan K Jateng Jamin Tak Ada Server Ngadat Lagi

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kondisi UNBK 2017 (istimewa/Twitter/@aninday)

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2017 kali ini digelar untuk peserta jenjang SMP dan SMA.

Semarangpos.com, SEMARANG – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Jawa Tengah (Jateng), Gatot Bambang Hastowo, menjamin tidak akan ada lagi masalah server macet saat pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang SMP maupun SMK di Jateng pada Senin-Rabu (10-13/4/2017).

Advertisement

Gatot menyebutkan saat pelaksanaan UNBK 2017 tingkat pelajar SMK, pekan lalu, memang sempat terjadi beberapa masalah yang mengganggu peserta Ujian Nasional (UN). Selain listrik padam, pelaksanaan UNBK juga diwarnai tidak munculnya soal di komputer.

“Masalah-masalah itu sudah kami evaluasi dan cari solusinya. Semoga pada pelaksanaan UNBK kali ini, hal semacam itu tidak terjadi lagi,” beber Gatot saat dihubungi Semarangpos.com, Senin.

Gatot menyebutkan dari 121.750 pelajar yang mengikuti UN kali ini sekitar 82,36% telah menggunakan komputer. Sementara, sekitar 12.213 peserta UN SMA lainnya masih menggunakan kertas dan Pensil atau UNKP.

Advertisement

“Jumlah pelajar SMA yang mengikuti UNBK ini lebih sedikit dibanding peserta dari jenjang SMK. Pelajar SMK yang mengikuti UN dengan komputer kemarin mencapai 221.895 orang, sedang yang tidak cuma 489 siswa,” beber Gatot.

Sementara itu, dari 302.303 siswa yang mengikuti UN jenjang SMP sekitar 75,54% telah mengunakan komputer. Sedangkan sisanya, 73.938 peserta masih menggunakan kertas dan Pensil atau UNKP.

“Jumlah siswa SMP yang mengikuti UNBK tahun ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibanding tahun lalu. Semoga, tahun depan seluruh siswa yang ada di Jateng sudah bisa mengerjakan UN dengan komputer,” beber Gatot.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif