Jogja
Selasa, 11 April 2017 - 14:55 WIB

INFRASTRUKTUR GUNUNGKIDUL : Terminal Semin Siap Tampung Bus Luar Kota

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah kendaraan terlihat parkir di halaman depan Terminal Semin. (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Infrastruktur Gunungkidul berupa Terminal Semin siap menampung bus luar kota

 

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Dinas Perhubungan Gunungkidul mulai mempersiapkan kelancaran untuk menyambut Lebaran 2017. Salah satu upaya yang dilakukan dengan mengoptimalkan keberadaan Terminal Tipe C Semin.

Kepala Bidang Angkutan dan Terminal, Dinas Perhubungan Gunungkidul Kuncoro Budi Santoso mengakui, operasional Terminal Semin mulai dilakukan sejak Lebaran tahun lalu. Hanya saja, opoerasional di 2016 masih sebatas uji coba sehingga sarana dan prasarana yang ada masih sangat terbatas.

“Untuk tahun ini akan lebih maksimal lagi. Hal itu dilakukan guna memberikan kemudahan pagi para pemudik atau pun keluarga penjemput di wilayah Semin dan sekitarnya,” kata Kuncoro kepada Harianjogja.com, Senin (10/4/2017).

Advertisement

Dia menjelaskan, optimalisasi operasional Terminal Semin dilakukan dengan menambahkan beberapa fasilitas seperti lampu penerangan hingga perbaikan saluran drainanse.

Selain itu, dinas juga akan melakukan pemasangan papan nama terminal yang sampai saat ini belum ada. “Untuk papan nama masih dalam proses. Mudah-mudahan sebelum lebaran sudah dapat dipasang,” ujarnya.

Adanya penambahan sejumlah fasilitas itu, mantan Kepala Bidang Transportasi ini pun optimistis keberadaan dapat digunakan untuk arus mudik di tahun ini. Terlebih lagi, lokasi itu juga digunakan untuk penurunan penumpang untuk kendaraan Antar Kota Antar Provinsi.

Advertisement

“Untuk bus Akap memang tidak diharuskan masuk ke terminal dengan tipe C, tapi dari sisi fasilitas akan lebih enak menurunkan penumpang di Terminal Semin. Jadi jika bus-bus luar kota seperti Maju Lancar, Rosalia Indah hingga Santoso mau masuk pasti diperbolehkan,” katanya.

Selain mempersiapkan fasilitas pendukung untuk memperlancar kesiapan menyambut lebaran, Dinas Perhubungan juga melakukan pemasangan sticker angkutan lebaran di seluruh angkutan perkotaan dan pedesaan yang ada di Gunungkidul. “Kita targetkan pemasangan sticker ini sudah dilakukan sebelum puasa nanti,” imbuh Kuncoro.

Sementara itu, untuk mendukung optimalisasi keberadaan Terminal Semin, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman telah melakukan upaya normalisasi di Jalur Lingkar Utara Semin. Harapannya dengan perbaikan tersebut maka kelancaran arus kendaraan semakin lancar sehingga keberadaan angkutan umum dapat masuk ke kawasan terminal.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif