Entertainment
Senin, 10 April 2017 - 12:30 WIB

Ini Pria Tulungagung yang Gambarkan "Aksi 212 & Al Maidah 51" di Komik Marvel

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ardian Syaf, Komikus Marvel Asal Tulungangung. (Istimewa/Facebook)

Unsur aksi damai 212 dan Surat Al – Maidah 51 dimuat di komik Marvel.

Solopos.com, SOLO – Belum lama ini media sosial (medsos) diramaikan tentang kontroversi komik Marvel yang menampilkan fenomena kasus dugaan penistaan agama yang menjerat Basuki Tjahaja Purnama. Adalah komikus asal Tulungangung, Ardian Syaf, yang memasukan detail yang berhubungan dengan kasus tersebut di komik yang dia gambar. Menjadi perbincangan dunia, versi orisinal komik X-Men Gold #1 rencananya akan ditarik Marvel.

Advertisement

(Baca Juga: Aksi 212 dan Kontroversi Al Maidah ayat 51 di Komik Marvel)

X-Men Gold #1 dibuat oleh Ardiansyah Syaf yang berasal dari Tulungagung. Ia diketahui menyisipkan simbol angka 212 yang melambangkan Aksi 212 dan QS 05:51 yang merujuk pada kisruh Surat Al Maidah 51 yang kini masih ramai diperbincangkan.

Advertisement

X-Men Gold #1 dibuat oleh Ardiansyah Syaf yang berasal dari Tulungagung. Ia diketahui menyisipkan simbol angka 212 yang melambangkan Aksi 212 dan QS 05:51 yang merujuk pada kisruh Surat Al Maidah 51 yang kini masih ramai diperbincangkan.

Dalam klarifikasinya sebagaimana dilansir Comicbook, Sabtu (8/4/2017), pihak Marvel tak mengetahui ada angka dan arti di balik simbol-simbol yang terdapat dalam komik tersebut.

“Karya seni yang disebutkan dalam X-Men Gold #1 dimasukkan tanpa sepengetahuan makna yang sesungguhnya. Ini referensi tersirat, tidak mencerminkan pandangan penulis, editor, atau orang lain di Marvel. Karya seni akan dihapus dari cetakan berikutnya pada versi digital dan cetak. Akan ada hukuman yang akan diberikan,” kata perwakilan Marvel.

Advertisement

Karyanya mulai diakui dunia setelah Adrian terlibat dalam pembuatan komik seri The Dresden Files yang diterbitkan Dabel Brothers Publishing antara 2007 hingga 2009. Melalui batu loncatan tersebut, Adrian mulai terlibat di pembuatan komik di dua penerbit komik terbesar di duna DC dan Marvel.

Seperti dilansir Wikipedia, bersama dua penerbit itu, Ardian pernah menggambar nama-nama tokoh fiktif paling populer di dunia, seperti Batman, Superman, Catwoman, Flash, dan X-Men.

Komik X-Men Gold #1 (Istimewa)

Advertisement

Kini, Ardian dibicarakan dunia. Baik para pegiat komik atau orang awam dari berbagai lokasi membahas tentang tindakan Ardian memasukan pesan terkait aksi 212 dan Surat Almaidah ayat 51. Pesan itu muncul di komik Marvel berjudul X-Men Gold #1 yang rilis pada Rabu (5/4/2017).

Angka 212 muncul di sebuah gedung di mana tokoh Kitty Pride berdiri di depan banyak orang. Sedangkan angka yang merujuk ke Surat Al-Maidah tampak di kaus yang dikenakan tokoh Colossus. Kata “Jew” pada “Jewelry” dianggap menyinggung umat Yahudi.

Di laman fanpage Facebook Ardian Syaf, komikus tersebut mengunggah hasil percakapan dengan seorang penggemar. Penggemar tersebut kecewa dengan apa yang dilakukan Ardian.

Advertisement

Angka 212 di komik X-Men Gold #1 (Istimewa)

Dengan santai Ardian menjawab pesan dari penggemar tersebut. “Hai jason, itu hak kamu untuk kecewa. Saran saya, kamu jangan mentah-mentah percaya dengan media massa,” jawab Ardian Syaf dalam bahasa Inggris.

Dalam percakapan itu Ardian menerangkan jika dirinya sudah berterus terang kepada Marvel dan menunggu respons dari Marvel. Di sisi lain, Ardian menjelaskan pesan itu bukan menyatakan kebencian pada kaum Kristen atau Yahudi.

Ardian menjelaskan angka 212 menggambarkan aksi damai 2 Desember 2016 untuk memprotes pemerintah agar menyelesaikan dugaan penistaan agama. Sedangkan angka 5:51 menjelaskan ayat alquran yang dinistakan. “Dua hal itu adalah kenangan yang luar biasa bagi saya. Sehingga saya ingin memasukannya ke salah satu karya,” jelas Ardian.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif