Jogja
Sabtu, 8 April 2017 - 23:19 WIB

UNBK 2017 : Alami Masalah Teknis, 142 Siswa Sleman Ikut Ujian Susulan

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ujian Nasional yang dilaksanakan dengan sistem computer based test atau Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (JIBI/Solopos/Dok.)

UNBK 2017, ratusan siswa akan mengikuti susulan

Harianjogja.com, SLEMAN–cSebanyak 142 siswa SMK di seluruh Sleman terpaksa mengikuti susulan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada 18 April mendatang. Jumlah siswa susulan terbanyak disumbang oleh SMK Negeri 1 Cangkringan dan SMK Negeri 2 Depok.

Advertisement

Keseluruhan, terdapat 12 sekolah kejuruan yang akan melaksanakan ujian susulan 2 pekan mendatang. Sukarja, Kepala Balai Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga (Dispora) DIY mengatakan memang ada beberapa catatan soal pelaksanakan UNBK pekan ini. Sejumlah evaluasi tersebut yakni kerusakan audio dan sejumlah soal yang tidak bisa diakses.

“Beberapa catatan memang problem dari pusat sendiri,”ujarnya ketika dihubungi pada Jumat(7/4/2017). Karena itu, dipastikan seluruh siswa tersebut akan mengikuti ujian susulan karena kesalahan bukan dari siswa. Selain itu, masih ada problem soal padamnya listrik dan jaringan meski semua sekolah sebenarnya telah menyiapkan genset. Terkait masalah server di SMK N 1 Cangkringan, ia mengatakan hal itu memerlukan analisis lebih jauh karena dugaan virus tersebut.

Menurutnya, permasalahan yang terjadi tidak terkait dengan kali pertama sekolah tersebut menggelar UNBK. Pasalnya, adapula sekolah yang mengalami masalah meski sudah pernah menjalankan ujian dengan sistem tersebut. Sejumlah catatan ini akan menjadi bekal untuk UNBK SMA yang akan digelar pekan depan. Harapannya, kegiatan ini bisa dilakukan dengan lebih baik daripada sebelumnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif