Lifestyle
Jumat, 7 April 2017 - 23:45 WIB

TIPS HIDUP SEHAT : Sayur dan Buah Ampuh Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Paket Pisang (Boldsky)

Tips hidup sehat menyarankan Anda mengonsumsi sayur dan buah untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Solopos.com, SOLO – Bagi Anda penderita darah tinggi (hipertensi) mengonsumsi buah dan sayur sangat dianjurkan. Makanan dengan kandungan potasium tinggi seperti kentang, alpukat, bayam, dan pisang dinilai ampuh menurunkan tekanan darah.

Advertisement

“Mengurangi asupan garam juga bisa menjadi cara menurunkan tekanan darah. Temuan juga menujukkan menambah asupan potasium juga berdampak serupa pada hipertensi,” ujar profesor neurobiologi dan sel dari Keck School of Medicine of the University of Southern California (USC), Alicia McDonough.

Penemian ini dipublikasikan dalam American Journal of Physiology – Endocrinology and Metabolism bulan ini.

Menurut McDonough, saat ini masyarakat cenderung mengonsumsi makanan olahan yang mengandung tambahan garam untuk mengenyangkan perut dan makanan ini biasanya rendah jumlah potasiumnya.

Advertisement

“Kalau Anda menerapkan diet makanan ala Barat, asupan sodium Anda bisa tinggi, sementara asupan potasiumnya rendah. Kondisi ini bisa meningkatkan risiko Anda terkena tekanan darah tinggi,” kata McDonough, sebagaimana dilansir Antara dari Eurekalert.org, Kamis (6/4/2017).

Potasium merupakan mineral yang melindungi pembuluh darah dari kerusakan oksidatif. Lantas, berapa banyak potasium yang bisa kita konsumsi? Intitute of Medicine pada 2004 lalu merekomendasikan sekitar 4,7 gram per hari untuk orang dewasa, untuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko munculnya batu ginjal dan tulang rapuh.

Mengonsumsi tiga per empat cangkir kacang hitam misalnya, akan membantu Anda mencapai hampir 50 persen asupan harian potasium yang dianjurkan.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif