News
Jumat, 7 April 2017 - 06:00 WIB

Mahasiswi Surabaya Ciptakan Sabun dari Labu

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pedagang menata labu (waluh) yang dijual di tepi jalur jalan Solo-Salatiga Km 9, Tengaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (1/7/2016). (JIBI/Solopos/Antara/Aditya Pradana Putra)

Seorang mahasiswi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) membuat inovasi berupa sabun dari labu.

Solopos.com, SURABAYA — Seorang mahasiswi Fakultas Farmasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS), Ellisa Widjanarko, menciptakan inovasi sabun transparan dari bahan baku labu kuning.

Advertisement

Dosen Fakultas Farmasi UKWMS, Farida Lanawati Darsono, menjelaskan penggunaan sabun bagi masyarakat menjadi hal penting menyangkut kebersihan. Sayangnya, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sabun seringkali terbuat dari ekstrak wewangian buah atau pun bunga yang tidak banyak dijumpai di Indonesia.

“Demi mengangkat kekayaan buah lokal yang mudah dijumpai, Ellisa Widjanarko menciptakan inovasi sabun transparan dari bahan baku labu kuning yang dapat diaplikasikan untuk membersihkan tubuh hingga wajah,” katanya dalam rilis, Kamis (6/4/2017).

Farida menambahkan, selain Ellisa, anak didik lainnya bernama Putu Anugerah Pradipta yang juga menciptakan limunizer yang terbuat dari limbah kulit jeruk lemon. Dalam penelitiannya, kulit jeruk lemon memiliki khasiat sebagai anti bakteri.

Advertisement

“Bila sudah dikemas dalam bentuk produk perawatan tangan yang hygienis, seperti handsanitizer dalam bentuk gel, nilainya jelas akan meningkat,” ujarnya.

Farida menambahkan, sekalipun di pasaran telah ada banyak jenis produk handsanitizer, karya Putu ini berbeda. Pasalnya, sabun ini benar-benar dibuat menggunakan limbah buah lemon.

“Jadi bukan sekedar aromanya saja jeruk. Karena menggunakan bahan alam asli, tentu memiliki keunggulan baik dari aspek efektivitasnya di kulit maupun dari segi tampilan yang memberikan aroma yang menyegarkan,” imbuhnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif