Jogja
Jumat, 7 April 2017 - 00:20 WIB

LEBARAN 2017 : Antisipasi Lonjakan Harga. Pedagang Mulai Setok Barang untuk Ramadan

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Antara)

Lebaran 2017 masih lama, tetapi pedagang sudah mempersiapkan diri.

Harianjogja.com, JOGJA — Bulan Ramadan segera tiba. Pedagang di pasar sudah melakukan persiapan dengan menyetok barang kebutuhan yang paling banyak dibutuhkan konsumen.

Advertisement

Salah satu pedagang di Pasar Jangkang, Ngemplak, Sleman bernama Mur sudah mulai menyetok barang untuk dijual pada puasa mendatang. Ia menyetok kebutuhan pangan dalam bentuk kemasan seperti minyak goreng dan tepung terigu agar tidak mudah basi.

Menurutnya, harga kedua komoditas tersebut saat ini masih stabil. Maka agar tidak mendapat harga kulakan yang mahal menjelang Lebaran nanti, ia pun membeli sejak sekarang.

Menurutnya, permintaan konsumen terhadap kedua komoditas tersebut akan naik saat Ramahan nanti. Permintaan terbanyak datang dari kalangan penjual gorengan. Selain terigu dan minyak goreng, bawang merah dan bawang putih juga akan meningkat karena menjadi bahan utama membuat bumbu masakan.

Advertisement

Mur mengatakan, saat awal puasa, biasanya terjadi kenaikan penjualan.

“Sampai 25 persen dan kalau pertengahan turun jadi sekitar 10%. Mau Lebaran, naik lagi karena banyak yang jajan makanan di pedagang,” katanya pada Harianjogja.com, Kamis (6/4/2017).

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif