Jogja
Kamis, 6 April 2017 - 00:20 WIB

RUMAH TAK LAYAK HUNI GUNUNGKIDUL : Jumlah Masih Puluhan Ribu

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi rumah tak layak huni (JIBI/Harian Jogja/Solopos/Dok.)

Rumah tak layak huni Gunungkidul, Pemkab berusaha menekan jumlah

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL — Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) mencatat terdapat puluhan ribu kepala keluarga di Gunungkidul menempati rumah tak layak huni (RTLH). Secara bertahap Pemerintah Kabupaten Gunungkidul memberikan bantuan pemugaran rumah demi menekan angka tersebut.

Advertisement

Kepala Bidang Perumahan, DPUPRKP, Kabupaten Gunungkidul, Bambang Antono, mengatakan bahwa masih ada puluhan ribu RTLH yang tersebar di 18 kecamatan di Gunungkidul.

“Kurang lebih ada 25.000 kepala keluarga yang menempati rumah tidak layak huni di Gunungkidul,” katanya, Rabu (5/4/2017).

Oleh sebab itu, demi menekan jumlah RTLH yang ada di Gunugkidul. Salah satunya dengan memberikan bantuan pemugaran rumah kepada masyarakat yang memiliki tempat tinggal yang kurang layak. Namun pemugaran rumah diakuinya hanya dapat dilakukan secara bertahap.

Advertisement

Dia menyebutkan pada 2017, Gunungkidul mendapatkan bantuan untuk pemugaran RLTH sebanyak 391 unit rumah untuk dua kecamatan, yakni 291 unit RLTH di Kecamatan Ngawen dan 100 unit RLTH di Kecamatan Nglipar.

“Jumlah ini lebih banyak dibandingkan pada tahun 2016 lalu yang ada sekitar 300 unit,” ungkapnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif