Jogja
Kamis, 6 April 2017 - 23:55 WIB

HARI NELAYAN NASIONAL : Nelayan Gunungkidul Akui Ada Peningkatan Kesejahteraan, Tapi ..

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Salah seorang nelayan Pantai Ngrenehan, Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari sendang memerbaiki jaring yang digunakan bekal untuk menangkap ikan. Foto diambil beberapa waktu lalu. (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Hari nelayan Nasional, pemerintah diharapkan dapat berpihak.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Perayaan Hari Nelayan Nasional yang jatuh pada Kamis (6/4/2017) masih sepi aktivitas. Kendati demikian, himpunan kelompok nelayan Gunungkidul berharap ada perhatian lebih sehingga upaya mewujudkan kesejahteraan bisa lebih dimaksimalkan.

Advertisement

Baca Juga : Jadi Trending Topic, Begini Riuhnya Hari Nelayan Nasional di Twitter

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Gunungkidul Rujimanto mengakui, untuk tingkat kabupaten masih belum ada peringatan terkait dengan hari nelayan. Namun berdasarkan informasi yang ia peroleh akan ada peringatan di tingkat provinsi. Hanya saja, Rujimanto belum menerima informasi lanjutan terkait dengan perayaan.

“Dulu ada informasi pelaksanaan perayaan akan dilakukan di Pantai Sadeng atau Tanjung Adikarto, Kulonprogo. Tapi untuk kepastian tempat, kami belum tahu karena itu urusan dari provinsi,” kata Rujimanto kepada Harianjogja.com, Kamis (6/4/2017).

Advertisement

Terlepas dari ada tidaknya perayaan untuk Hari Nelayan Nasional, dia meminta kepada pemeritah untuk lebih memerhatikan nasib nelayan. Rujimanto tidak menampik untuk masalah kesejahteraan nelayan, khususnya di wilayah Gunungkidul sudah semakin membaik. Para nelayan sudah mulai menyisihkan hasilnya untuk ditabung sehingga dapat digunakan saat ada kebutuhan yang mendesak.

Namun demikian, sambung dia, hal tersebut belum memberikan jaminan karena masih ada beberapa persoalan yang dihadapi nelayan. Beberapa persoalan itu diantaranya berkaitan dengan masalah perizinan hingga alih teknologi untuk menangkap ikan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif