News
Rabu, 5 April 2017 - 09:20 WIB

Menguat Tipis, Rupiah Belum Tinggalkan Level Rp13.300-an Per US$

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi nilai tukar rupiah. (Abdullah Azzam/JIBI/Bisnis)

Rupiah pagi ini masih berada di level psikologis Rp13.330 per US$.

Solopos.com, JAKARTA — Pergerakan nilai tukar rupiah dibuka menguat tipis 0,01% atau 1 poin ke Rp13.330 per dolar AS pada perdagangan hari ini, Rabu (5/4/2017).

Advertisement

Sebelumnya, nilai tukar rupiah ditutup melemah tipis pada perdagangan Selasa (4/4/2017). Nilai tukar rupiah di pasar spot ditutup melemah 6 poin atau 0,05% ke level Rp13.331 per dolar AS setelah bergerak pada kisaran Rp13.322 – Rp13.341 per dolar AS.

Pelemahan rupiah sejalan dengan indeks dolar AS yang bergerak menguat, meskipun sempat melemah di awal perdagangan seiring terangkatnya daya tarik aset safe haven di tengah penghindaran risiko oleh para pelaku pasar.

Minat untuk aset berisiko telah terkikis pekan ini akibat sejumlah faktor, termasuk kegelisahan pasar menjelang pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping.

Advertisement

Tak hanya itu, pasar juga telah dikagetkan oleh insiden ledakan bom di St. Petersburg, Rusia.

Ledakan bom memukul stasiun kereta api bawah tanah di St Petersburg yang telah menewaskan 11 orang dan melukai puluhan lainnya. Hal ini memperbaharui adanya kekhawatiran terhadap aksi terorisme di kota-kota terbesar Rusia, kurang dari setahun sebelum agenda pemilihan presiden berlangsung.

“Dolar mengalami tekanan terhadap yen dari segi perbedaan tingkat suku bunga, dengan imbal hasil obligasi telah turun ke level terendahnya dalam satu bulan,” ujar Shin Kadota, senior strategist dari Barclays, seperti dikutip dari Reuters.

Advertisement

Indeks dolar AS yang mengukur pergerakan mata uang dolar terhadap mata uang utama lainnya terpantau menguat 0,06% atau 0,06 poin ke posisi 100,600 pada pukul 15.58 WIB.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif