News
Selasa, 4 April 2017 - 10:45 WIB

SOLOPOS HARI INI : Soloraya Hari Ini: Pemerintah Jamin Tak Ada Kebocoran Soal UN

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Halaman Soloraya Harian Umum Solopos edisi 4 April 2017.

Berita utama halaman Soloraya Harian Umum Solopos membahas tentang Ujian Nasional 2017

Solopos.com, SOLO – Terkait pelaksanaan Ujian Nasional (UN), pemerintah menjamin tidak ada kebocoran soal. Pernyataan itu dikeluarkan oleh Kepala Balai Pengendalian Pendidikan Menengah Khusus Wilayah III Jawa Tengah, Kartono.

Advertisement

Jaminan pemerintah mengenai tidak adanya kebocoran soal UNBK itu menjadi berita utama halaman Soloraya Harian Solopos hari ini Selasa (4/4/2017). Masih terkait ujian nasional, ada berita tentang siswa difabel yang tidak merasa kesulitan menjalani ujian. Dari ranah ekonomi dan bisnis, ada berita tentang Pasar Klewer terkait sewa pasar darurat di Alun-Alun Utara. Kemudian ada berita tentang pintu Angkuta Feeder yang dirasa kurang praktis.

Simak cuplikan berita utama halaman Soloraya Harian Umum Solopos edisi Selasa 4 April 2017;

UJIAN NASIONAL 2017: Pemerintah Jamin Tak Ada Kebocoran Soal

Advertisement

Pemerintah menjamin tidak ada kebocoran soal-soal Ujian Nasional (UN) 2017 meskipun masih ada sebagian kecil sekolah yang melaksanakan UN berbasis kertas dan pensil (UNKP).

Demikian kata Kepala Balai Pengendalian Pendidikan Menengah Khusus Wilayah III Jawa Tengah, Kartono, saat ditemui wartawan seusai memantau pelaksanaan UN Berbasis Komputer (UNBK) di SMKN 8 Solo, Senin (3/4/2017).

Penerapan ujian berbasis komputer memang untuk memperkecil kemungkinan kebocoran soal-soal UN tersebut. Sistem pengamanannya sangat ketat, termasuk urusan kata sandi, token, dan lain sebagainya sehingga sangat kecil kemungkinan terjadi kebocoran soal.

”Kami meyakini itu [kebocoran soal] tidak terjadi,” kata Kartono.

Advertisement

UN 2017 untuk jenjang SMK dimulai secara serentak, Senin hingga Kamis (6/4/2017). Hari pertama ujian secara umum berlangsung lancar. Dia menjelaskan tahun ini UNBK di Solo, baik SMA maupun SMK, semuanya bersistem UNBK. Di wilayah Soloraya memang masih ada beberapa sekolah yang masih menerapkan UNKP, termasuk beberapa madrasah aliah (MA).

Simak selengkapnya: epaper.solopos.com/

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN: Siswa Difabel Tak Kesulitan Jalani Ujian Nasional

Tak ada suara perbincangan manusia di salah satu ruang Laboratorium Komputer SMKN 8 Solo Senin (3/4) pagi itu. Di ruangan itu ada 40 siswa Kelas XII Program Keahlian Seni Musik.Masing-masing berkonsentrasi di depan layar monitor komputer. Mereka mengerjakan soal-soal Ujian Nasional (UN) 2017. Di antara para siswa tersebut ada Rahmat Budiono, siswa yang duduk di kursi roda.

Advertisement

Rahmat mengoperasikan tetikus dengan tangan kirinya. Ia membaca dan mencermati soal demi soal yang ditayangkan di layar monitor komputer di hadapannya.  Rahmat merupakan salah seorang siswa difabel yang mengikuti UN berbasis komputer (UNBK) di SMKN 8 Solo. Dia tidak mengalami kesulitan saat mengerjakan soal-soal ujian.

”Tidak sulit. Sudah beberapa kali latihan,” kata dia. Menurut Wakil Kepala SMKN 8 Solo Bidang Kurikulum, Wagimin, ada lima siswa difabel yang mengikuti UNBK di sekolah tersebut.

Selain Rahmat, terdapat tiga siswa lain yang merupakan penyandang autisme. Seorang siswa lainnya merupakan penyandang tunanetra.”Kebetulan lima siswa difabel ini semuanya di Program Keahlian Musik,” kata Wagimin saat ditemui wartawan di SMKN 8 Solo. Jumlah peserta UNBK di SMKN 8 Solo 237 orang.

Simak selengkapnya: epaper.solopos.com/

Advertisement

PASAR KLEWER: Sewa Alun-Alun Utara Diperpanjang 90 Hari

Batas waktu penyewaan lahan Alun-alun Utara Keraton Solo untuk pasar darurat bagi pedagang Pasar Klewer diperpanjang 90 hari.

Seharusnya penyewaan alun-alun oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Solo berakhir pada Kamis (6/4). Penguasa Keraton Solo memberi bonus waktu 90 hari untuk pembongkaran bangunan pasar darurat. Perjanjian sewa lahan alun-alun tertuang dalam nota kesepahamanan yang ditandatangi Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo dan Raja Keraton Solo Paku Buwono (PB) XIII.

Penyewaan alun-alun dimulai 6 April 2015 sampai 6 April 2017. Alun-alun dimanfaatkan sebagai pasar darurat bagi para pedagang Pasar Klewer.“Masa sewa alun-alun berakhir 6 April. Kami diberi waktu 90 hari untuk pembongkaran,”kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Solo Subagiyo ketika dijumpai wartawan di Balai Kota Solo, Senin (3/4/2017).

Simak selengkapnya: epaper.solopos.com/

TRANSPORTASI UMUM: Pintu Angkuta Feeder Kurang Praktis

Advertisement

Para sopir unit-unit baru angkutan umum perkotaan (angkuta) yang akan difungsikan sebagai pengumpan atau feederBus Batik Solo Transmenilai pintu bus mini itu kurang praktis.

Dinas Perhubungan Kota Solo telah membagikan 41 unit angkuta pengumpan kepada anggota Koperasi Trans Roda Sejati (TRS) dan Bersama Satu Tujuan (BST). Ketua I Koperasi TRS, Agus, mengatakan unit angkuta pengumpan BST boleh dibawa pulang sopir setelah beres persyaratannya.

Syarat tersebut adalah nota kesepakatan tentang kerja sama pengelolaan pelayanan angkutan massal berbasis jalan wilayah perkotaan Solo ditandandatangani Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo dan perwakilan koperasi pada Sabtu (25/3/2017) lalu.

Sopir membawa pulang unit-unit bus mini pengumpan setelah mendapat persetujuan dari koperasi. Dia menyebut pembagian unit-unit pengumpan sebelum acara peluncuran perlu agar para sopir memastikan kondisinya baik.

”Kalau dibagikan saat peluncuran dikhawatirkan ada yang kurang atau rusak dan tidak bisa langsung dijalankan,” kata Agus saat ditemui Espos di dekat Sekretariat Koperasi TRS, Senin (3/4/2017).

Simak selengkapnya: epaper.solopos.com/

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif