News
Selasa, 4 April 2017 - 01:40 WIB

HARGA BAHAN POKOK : Cabai Rawit Tak Lagi Menggigit

Redaksi Solopos.com  /  Galih Eko Kurniawan  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi komoditas perdagangan cabai rawit (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Pedagang menjual cabai rawit di harga Rp60.000 di pasar tradisional

Harianjogja.com, JOGJA—Memasuki April ini, hampir semua jenis sayuran mengalami penurunan harga. Cabai rawit yang pernah menyentuh Rp130.000 per kilogram, kini tak lagi mengiggit harganya. Pedagang menjual cabai rawit di harga Rp60.000 di pasar tradisional.

Advertisement

Yati, salah satu pedagang sayuran di Pasar Kranggan, Jogja, mengatakan saat ini harga cabai rawit semakin turun. Cabai hijau untuk lalapan yang sebelunya menyentuh harga Rp70.000 juga sudah turun menjadi Rp35.000 per kilogram.

Sayuran lainnya seperti bunga kul dan brokoli juga terbilang stabil. Sebelumnya, kedua komoditas tersebut dijual Rp25.000 per kilogram tetapi sekarang sudah turun menjadi Rp20.000. “Kalau Rp20.000 itu sudah termasuk murah kalau kualitas kolnya besar dan bersih,” tuturnya kepada Harian Jogja, Senin (3/4).

Wortel, sawi hijau, dan sawi putih juga stabil. Secara berturut-turut harganya Rp10.000, Rp7.000 dan Rp6.000. Menurut Yati, selain harga yang semakin turun, kualitas sayuran yang ada di pasaran saat ini semakin baik. Hal tersebut dikarenakan faktor intensitas hujan yang semakin menurun. Dulu, kata Yati, saat setiap hari turun hujan, semua jenis sayuran tidak mampu bertahan lama dan mudah busuk.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif