News
Senin, 3 April 2017 - 11:15 WIB

KISAH UNIK : Dokter Tiongkok Sukses Pasang Telinga Buatan yang Ditumbuhkan di Lengan

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Telinga buatan dibuat dari tulang rawan di rusuk (hws.cn)

Dokter bedah spesialis rekonstruksi tubuh sukses membuat dan menumbuhkan telinga dari lengan pasien.

Solopos.com, SHANGHAI – Kisah unik datang dari Rumah Sakit Xi’an di Shanghai, Tiongkok. Dokter bedah di rumah sakit tersebut berhasil melakukan transplantasi telinga, yang sebelumnya daun telinga buatan ditumbuhkan melalui lengan pasien.

Advertisement

Diberitakan Shanghaiist, November 2016, pria dengan nama belakang Ji mengalami kecelakaan yang mengakibatkan dirinya kehilangan daun telinga sebelah kanan. Dokter bedah spesialis rekonstruksi tubuh, Guo Shuzong, memberi harapan kepada Ji untuk bisa lagi memiliki daun telinga sebelah kanan.

Daun telinga buatan ditumbuhkan di lengan kanan selama empat bulan (hws.cn)

Guo membuatkan daun telinga dari tulang rawan yang diambil dari rusuk Ji. Tulang rawan tersebut dibentuk layaknya daun telinga, kemudian ditanam di lengan kanan Ji. Perlu waktu kurang lebih empat bulan agar telinga buatan itu tumbuh sempurna.

Advertisement

Rabu (29/3/2017), daun telinga yang dikubur di lengan kanan Ji akhirnya dinyatakan siap untuk dipasang di posisi semestinya. Guo bersama timnya melakukan operasi selama tujuh jam untuk melakukan transplantasi daun telinga.

“Operasi ini terbilang rumit, karena menempatkan telinga agar bisa mendapat aliran darah adalah proses yang rumit. Operasi dinyatakan sukses setelah darah bisa mengalir lancar di daun telinga buatan tersebut,” jelas Guo seperti dikutip Shanghaiist.

Setelah operasi, Ji masih harus menginap di rumah sakit setidaknya selama dua pekan. Hal itu dibutuhkan untuk observasi dan penyembuhan luka.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Kisah Unik Telinga Buatan
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif