Lifestyle
Senin, 3 April 2017 - 17:20 WIB

5 Tempat Wisata Keluarga di Banjarmasin yang Paling Aman untuk Anak

Redaksi Solopos.com  /  Yeyen Pamula  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

5 Tempat Wisata Keluarga di Banjarmasin yang Paling Aman untuk Anak

Borneo atau Pulau Kalimantan terkenal memiliki bentang alam yang menawan. Sebagian besar kawasannya berupa sungai dan hutan. Tidak heran, Pulau Kalimantan memiliki banyak destinasi wisata mengagumkan.

Advertisement

Nah, salah satu kota di Borneo yang menjadi destinasi wisata favorit para wisatawan adalah Banjarmasin. Sungai Martapura membelah kota ini menjadi dua bagian. Itulah sebabnya, tempat wisata di Banjarmasin identik dengan panorama sungai yang mengesankan.

Anda ingin mengajak anak-anak berlibur ke sana? Berikut ini deretan tempat wisata yang bisa menjadi destinasi liburan keluarga.

Advertisement

Anda ingin mengajak anak-anak berlibur ke sana? Berikut ini deretan tempat wisata yang bisa menjadi destinasi liburan keluarga.

Museum Wasaka Banjarmasi (sumber : wikimapia.org)

Advertisement

Museum Wasaka berlokasi di Kelurahan Sungai Jingah, Kecamatan Banjarmasin Utara dan berada di dalam rumah Banjar Bubungan Tinggi yang berdiri di tepi Sungai Martapura. Hamparan rumput hijau dan gagahnya Jembatan Banua Anyar mengapit kawasan Museum Wasaka.

Museum ini menyimpan kurang lebih 400 benda bersejarah, termasuk senjata tradisional, peralatan memasak zaman perang, senapan angin dari bahan kayu, kamera, radio, mesin ketik, dan tas kuno. Selain itu, Anda bisa melihat lukisan yang menceritakan perjuangan rakyat ketika berperang melawan penjajah.

Tertarik mengunjungi Museum Wasaka? Museum ini dibuka setiap hari Selasa sampai Kamis. Anda bisa mengunjunginya pada pukul 09.00 WITA tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun.

Advertisement

Menara Pandang yang terletak di pusat Kota Banjarmasin ini tingginya 21 meter dan terdiri dari empat lantai. Dari atas menara, Anda bisa menyaksikan pemandangan Kota Banjarmasin, Sungai Martapura yang membentang, dan megahnya Patung Bekantan.

Soal keamanan, tidak perlu risau. Meski bangunannya tinggi, terdapat pagar besi yang mengelilingi menara sehingga anak-anak pun diperbolehkan naik ke menara. Anda bisa mengunjungi menara ini setiap hari mulai 10.00 WITA sampai dengan 21.00 WITA, secara cuma-cuma.

Penasaran dengan kuliner khas Banjarmasin? Pusat kuliner yang memenuhi tepi Sungai Martapura ini bisa menjadi destinasi Anda.

Advertisement

Selain menikmati ragam makanan dan jajan tradisional, Anda akan dimanjakan dengan panorama pepohonan hijau dan sungai nan jernih. Kalau ingin menyusuri sungai, Anda bisa menyewa kelotok dengan biaya Rp5.000,00 per orang selama 30 menit.

Masjid Sultan Suriansyah merupakan objek wisata keagamaan yang dibangun di tepi Sungai Kuin. Masjid ini berdiri sejak masa pemerintahan Sultan Suriansyah dan telah dipugar dua kali, yaitu pada tahun 1976 dan 1999.

Bentuk bangunan yang unik, mimbar, dan kaligrafi menjadi objek utama yang dapat Anda nikmati. Model atap dan bangunan masjid ini akan mengingatkan Anda pada Masjid Demak. Tidak jauh dari masjid, ada pula makam Sultan Suriansyah dan museum.

Kampung Sasirangan adalah salah satu pusat penjualan kain Sasirangan—kain tradisional Kalimantan Selatan. Di sini, Anda bisa membeli kain sasirangan untuk oleh-oleh. Harganya bervariasi mulai dari Rp85.000,00 sampai dengan Rp250.000,00. Pedagang juga menjual aneka dompet, tas, dan aksesori berbahan kain Sasirangan.

Itulah tempat-tempat wisata di Banjarmasin yang layak Anda kunjungi bersama keluarga. Soal penginapan, tidak perlu khawatir, Airy Rooms sudah menyiapkan beragam hotel murah di Banjarmasin yang bisa menjadi tempat istirahat Anda. Hotel-hotel tersebut menawarkan beragam fasilitas, seperti kamar ber-AC, televisi, dan shower air hangat, serta fasilitas pendukung lainnya.

Mau memesan hotel? Caranya mudah. Anda bisa langsung mengunjungi situs web www.airyrooms.com atau memesan melalui aplikasinya di smartphone. Soal pembayaran, Anda bisa mentrasfer atau menggunakan kartu kredit. Mudah, bukan?

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif