News
Minggu, 2 April 2017 - 22:38 WIB

Kemensos Beri Jaminan Hidup Korban Longsor Ponorogo

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Salah satu jenazah warga Dukuh Tangkil, Desa Banaran, Kabupaten Ponorogo ditrmukan di tumpukan material longsoran, Minggu (1/4/2017) pukul 12.00 WIB. (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Longsor Ponorogo, Kemensos akan memberikan jaminan hidup senilai Rp900.000 kepada korban tanah longsor di Desa Banaran.

Madiunpos.com, PONOROGO — Kementerian Sosial (Kemensos) menyiapkan jaminan hidup senilai Rp900.000 kepada korban longsor di Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, yang rumahnya terpendam tanah. Selain itu, Kemensos juga menyiapkan isi hunian kepada korban tanah longsor.

Advertisement

“Kemensos akan memberikan bantuan isi hunian tetap. Selain itu, juga memberikan keluarga korban berupa jaminan hidup Rp900.000,” kata Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa, saat mengunjungi lokasi tanah longsor di Desa Banaran, Minggu (2/4/2017) siang.

Khofifah menuturkan telah berkoordinasi dengan Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni untuk mendata seluruh korban longsor dan mendata seluruh rumah yang rusak. Bantuan berupa jaminan hidup senilai Rp900.000 kepada setiap korban akan diberikan setelah masa 14 hari tanggap darurat. Sedangkan untuk bantuan isi hunian akan diberikan ketika setiap korban telah memiliki hunian tetap.

Dia meminta kepada bupati untuk segera menyiapkan lahan untuk proses relokasi rumah dan pembangunan rumah bagi para korban bencana. Pemerintah boleh menyiapkan lahan atau di relokasi ke lahan yang dimiliki korban. “Untuk relokasi bisa di lahan mereka sendiri atau di lahan lain. Atau nanti kita cari dulu mekanismenya. Pasti ada win-win solution atas masalah ini,” jelas dia.

Advertisement

Setelah meninjau lokasi bencana, kata Khofifah, timbunan tanah akibat tanah longsor di pemukiman warga ini mencapai 17 meter. Untuk luas lahan yang tertimbun material tanah lebih dari 4 hektare.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif