Sport
Sabtu, 1 April 2017 - 09:30 WIB

LIVERPOOL VS EVERTON : Preview: The Reds Tak Terkalahkan Sejak 1999

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Everton vs Liverpool (Reuters / Carl Recine)

Liverpool vs Everton tersaji di Liga Inggris.

Solopos.com, LIVERPOOL – Pendukung Liverpool pastinya sudah tidak sabar menunggu MerseysideDerby melawan Everton di Anfield, Liverpool, Sabtu (1/4/2017) pukul 18.30 WIB. Itu karena suporter The Reds memiliki peluang untuk kembali mem-bully tetangga mereka jika meneruskan tren positif atas rival sekota.

Advertisement

Pendukung Liverpool mungkin sudah lupa kapan kali terakhir mereka menelan kekalahan dari Everton pada Liga Premier. Sebab, itu terjadi sudah sangat lama, tepatnya September 1999. Dalam catatan Opta, Liverpool tidak pernah menelan kekalahan dalam 12 laga Merseyside Derby di Liga Premier dengan rincian lima kali menang dan tujuh kali imbang. Dalam Derby Merseyside terbaru, Liverpool menundukkan Everton 1-0, di Goodison Park, Desember 2016 lalu.

Jika Liverpool minimal bisa menahan imbang tamunya, maka tim berjuluk The Reds itu akan menyamai rekor tak terkalahkan terpanjang  mereka dalam 13 laga kontra Everton pada 1972-1978. Sejarah baru juga akan diciptakan Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, apabila Roberto Firmino dkk. meraih hasil maksimal. Klopp akan menjadi manajer pertama The Reds yang selalu menang dalam tiga laga Merseyside Derby pertamanya di Liga Premier.

Sebaliknya, pendukung Everton harus siap-siap mental ketika menginjakkan kaki di Anfield.  Pada medio 1990-an, Everton tidak pernah bisa finis di atas Liverpool saat tiga tahun dipegang pelatih Joe Royle di kasta tertinggi sepak bola Inggris. Namun Royle yang dikenal dengan gaya Dogs of War itu tidak pernah menelan kekalahan pada Merseyside Derby selama menjadi pelatih Everton. Nah, Royle bisa menjadi inspirator The Toffees untuk menghentikan tren tak pernah menang sejak hampir dua dekade silam kontra Liverpool.

Advertisement

“Ada kesenjangan besar pada hasil derby selama beberapa tahun terakhir, namun saya pikir kami semakin dekat untuk bisa mengalahkan Liverpool. Kami punya laga bagus di kandang dan kami hanya kalah karena gol telat di menit ke-97. Tim ini akan siap untuk memberi tantangan besar kepada Liverpool, Sabtu ini,” jelas Pelatih Everton, Ronald Koeman, seperti dilansir worldsoccertalk.com, Jumat (31/3/2017).

Liverpool dipastikan kehilangan Adam Lallana dan Jordan Henderson yang cedera. Kehilangan Lallana bisa  menjadi kerugian besar karena pemain Inggris ini menyokong 7 gol dan 7 assist bagi The Reds di Liga Premier musim ini. Klopp pun bisa menggantikan peran Lallana kepada Emre Can.

Justru, Klopp harus berpikir keras untuk mencari pengganti Henderson yang gagal fit tepat waktu. Padahal, Liverpool membutuhkan gelandang bertahan mumpuni untuk menahan serangan Everton yang dimotori Romelu Lukaku yang menggila dengan 11 gol dan tiga assist selama 2017. Adapun The Toffees harus menerima kenyataan pahit setelah Seamus Coleman mengalami patah kaki saat membela Rep. Irlandia sepulang dari jeda internasional sepekan ini.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif