Jogja
Rabu, 29 Maret 2017 - 13:27 WIB

WISATA GUNUNGKIDUL : Wow, Jumlah Wisatawan Meningkat 5 Kali Lipat, Pantai Masih Favorit

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wisatawan di Pantai Baron Gunungkidul (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Wisata Gunungkidul dserbu pengunjung pada libur Nyepi

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Bertepatan dengan Libur akhir pekan dan libur perayaan Hari Raya Nyepi, ribuan wisatawan memadati sejumlah objek wisata di Gunungkidul. Objek wisata pantai masih menjadi daya tarik utama bagi wisatawan domestik maupun mancanegera.

Advertisement

Berdasarkan data dari Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Utama Pantai Baron, hingga Selasa (28/3/2017) siang sudah ada 3.000 wisatawan yang memadati kawasan tersebut. Menurut Koordinator Petugas Retribusi Utama Pantai Baron, Supardi menyebut jumlah itu meningkat lima kali lipat dibanding hari biasa.

“Jumlah  meningkat lima kali lipat jika dibandingkan dengan hari biasa yang hanya sebanyak 500 hingga 600 wisatawan,” kata dia kepada wartawan, Selasa (28/3/2017).

Mengetahui adanya libur panjang, pihaknya kemudian melakukan penambah personil jaga di TPR. Hal itu untuk mengantisipasi terjadi antrian panjang pembayaran retribusi. Dari yang hari biasa hanya ditugaskan enam orang petugas, kini pihaknya menugaskan 11 orang personil.

Advertisement

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Harry Sukmono, mengatakan, peningkatan jumlah wisatawan sudah terjadi semenjak Jumat (24/3/2017) lalu. Hingga, hari terakhir libur panjang pada Selasa (28/3/2017) siang, jumlah wisatawan terus mengalami kenaikan.

Dari catatan kunjungan wisatawan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, pada sejumlah objek wisata pantai, pada Minggu (26/3/2017) sudah terdapat lebih dari 30.961 wisatawan yang masuk ke Gunungkidul.

Harry memperkirakan puncak kunjungan terjadi pada hari Selasa (28/3/2017), yang juga bertepatan dengan Hari Raya Nyepi. Wisatawan terutama wisatawan domestik memanfaatkan hari terakhir libur untuk berwisata.

Advertisement

“Terhitung dari Jumat lalu, sudah sebanyak 30.000 lebih wisatawan yang berkunjung ke Gunungkidul. Tentunya masih mengalami kenaikan di hari terakhir libur Nyepi ini,” ujarnya.

Dia mengatakan, hinga kini destinasi wisata pantai masih menjadi pilihan bagi wisatawan untuk berlibur. Disusul dengan obyek wisata minat khusus seperti di Gua Pindul, Gua Tanding, Gunung Api Purba Nglanggeran.

“Objek yang dominan itu masih di pantai. Hingga Selasa (28/3/2017) pantai yang paling ramai,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif