Jateng
Rabu, 29 Maret 2017 - 23:50 WIB

PILKADA 2018 : KPU Butuh Rp1,1 T untuk Pilgub Jateng

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi persiapan logistik pemilihan umum (pemilu). (JIBI/Solopos/Antara)

Pilkada Jateng yang kerap pula disebut Pilgub 2018 membuat KPU mengajukan anggaran Rp1,1 triliun untuk melaksanakannya.

Semarangpos.com, SEMARANG — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah (Jateng) meminta dana Rp1,131 triliun kepada pemerintah provinsi setempat sebagai anggaran pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur (pilgub) atau kondang pula dengan sebutan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Jateng 2018.

Advertisement

“Kami sudah mengajukan anggaran Pilgub Jateng senilai Rp1,131 triliun, tapi saat ini baru tersedia Rp800 miliar,” kata Ketua KPU Jawa Tengah Joko Purnomo di Semarang, Rabu (29/3/2017).

Ia menyebutkan bahwa anggaran sebesar itu hanya untuk jajaran KPU Jateng, dan di luar anggaran pengawasan serta pengamanan pelaksanaan Pilgub Jateng. Ia menjelaskan, sumber dana anggaran Pilgub Jateng 2018 berasal dari APBD Pemprov Jateng.

Manurut dia, anggaran itu sudah disediakan sejak penganggaran 2015 dan hingga 2017 sudah tersedia Rp800 miliar. “Kekurangan anggarannya nanti diambilkan di APBD Perubahan 2017, dan kalau masih kurang lagi akan digenapi pada APBD 2018,” ujarnya.

Advertisement

Joko memerinci anggaran Pilgub atau Pilkada Jateng 2018 itu antara lain, untuk komponen honor badan penyelenggara sebesar Rp564 miliar, pengadaan dan distribusi logistik Rp244 miliar, kegiatan kampanye atau fasilitasi pasangan calon, baik alat perlengkapan kampanye (APK) atau materi lain sebesar Rp130 miliar. “Paling banyak itu untuk membiayai badan penyelenggara,” katanya.

Jajaran KPU Jateng mulai mempersiapkan Pilgub atau Pilkada Jateng 2018 meskipun perhelatan pesta demokrasi itu akan dilaksanakan Agustus 2017. Persiapan yang dilakukan mulai dari pengusulan anggaran, rancangan jumlah TPS, maupun memperkirakan jumlah Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif