News
Rabu, 29 Maret 2017 - 14:30 WIB

Investasi Rp34,58 Triliun, Ini Kesepakatan yang Diteken Prancis dengan Indonesia

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Veranda Talk Presiden Prancis Francois Hollande dan Presiden Indonesia Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta Rabu (29/3/2017). (JIBI/Reuters/Darren Whiteside)

Presiden Prancis menyambangi Indonesia dan menandatangani sejumlah kesepakatan.

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Prancis François Hollande hari melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia. Kunjungan ini adalah bagian rangkaian lawatannya ke Asia Tenggara (Singapura dan Malaysia).

Advertisement

Dilansir Okezone, Rabu (28/3/2017), Presiden Republik Prancis akan didampingi oleh Menteri Pertahanan Jean-Yves Le Drian dan Menteri Muda urusan Industri, Digital dan Inovasi Christophe Sirugue. Rombongan dari Prancis tersebut juga akan didampingi oleh belasan anggota parlemen dan sekitar lima puluh orang pemimpin perusahaan Prancis, dari grup perusahaan besar, perusahaan menengah maupun kecil.

Mengutip laman Kedutaan Besar Prancis, Jakarta, Rabu, Dalam kesempatan ini, sebuah kemitraan antara Prancis dan Indonesia di sektor ekonomi kreatif dan industri budaya akan diumumkan. Kemitraan tersebut bertujuan mengawal transformasi ekonomi dan masyarakat yang berkaitan dengan perkembangan dunia digital, dengan bertumpu pada pertukaran dinamis yang telah ada antara Prancis dan Indonesia.

Advertisement

Mengutip laman Kedutaan Besar Prancis, Jakarta, Rabu, Dalam kesempatan ini, sebuah kemitraan antara Prancis dan Indonesia di sektor ekonomi kreatif dan industri budaya akan diumumkan. Kemitraan tersebut bertujuan mengawal transformasi ekonomi dan masyarakat yang berkaitan dengan perkembangan dunia digital, dengan bertumpu pada pertukaran dinamis yang telah ada antara Prancis dan Indonesia.

Berbagai kesepakatan di bidang pertahanan, kemitraan maritim, ekonomi kreatif, pembangunan perkotaan berkelanjutan, pembiayaan proyek-proyek infrastruktur bagi Indonesia, menunjukan betapa kaya dan beragamnya lingkup kerja sama antara Indonesia dan Prancis, termasuk sebagai negara anggota G20.

Di saat yang bersamaan, belasan kesepakatan kemitraan di berbagai sektor strategis antara perusahaan Prancis dan Indonesia akan ditandatangani. Total investasi yang terkait dengan kemitraan tersebut mencapai lebih dari US$2,6 miliar atau Sekitar Rp34,58 triliun.

Advertisement

Jumlah tersebut belum mencakup investasi sebesar ratusan juta dolar maupun komitmen pengembangan kompentensi serta sejumlah realisasi investasi lebih dari lima puluh perusahaan Prancis di bidang kosmetika, pengolahan karet, pertanian, serta kedirgantaraan yang ikut dalam rombongan Presiden.

Sektor-sektor lain yang tercakup dalam sejumlah kesepakatan tersebut adalah Internet of things (IoT) kerja sama maritim, industri kreatif, dan pertahanan.

Mengutip informasi dari laman Kedutaan Besar Prancis, inilah daftar kesepakatan yang akan ditandatangani Indonesia dan Prancis;

Advertisement

Kesepakatan antar Kementerian

  1. 1. Surat pernyataan kehendak tentang kerja sama pertahanan
  2. 2. Surat pernyataan kehendak tentang kerja sama di bidang kemaritiman dan perikanan
  3. 3. Kesepakatan dalam bidang pembangunan perkotaan berkelanjutan
  4. 4. Kesepakatan ilmiah untuk pelaksanaan program pertukaran peneliti
  5. 5. Kesepakatan kerja sama riset, inovasi dan pendidikan tinggi
  6. 6. Pengaturan administratif antara Pemerintah Prancis dan Pemerintah Indonesia tentang pariwisata

Kesepakatan Kebudayaan

  1. 1. Kesepakatan kerja sama antara Centre National du Cinéma dan Badan Ekonomi Kreatif Indonesia
  2. 2. Kesepakatan antara PT. Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan Lovewalk
  3. 3. Kesepakatan kerja sama antara lembaga kebudayaan “La Gaîté Lyrique” dan jaringan kreatif “Kreavi”

Kesepakatan Kemaritiman

Advertisement
  1. 1. Kesepakatan kerja sama antara kota La Rochelle dan kota Kendari
  2. 2. Nota kesepahaman (MoU) antara DCNS dan PT. PAL mengenai kerja sama kapal selam
  3. 3. Nota kesepahaman (MoU) antara LOUIS-DREYFUS ARMATEURS dan SINAR MAS untuk meningkatkan kerja sama dalam Sinar Mas LDA

Kesepakatan Ekonomi Lainnya

  1. 1. Kontrak kerja sama bisnis antara MATIERE dengan BUMN Wijaya Karya
  2. 2. Kontrak antara ENGIE dan The Sugar Group tentang pengembangan pusat listrik energi terbarukan di pulau Sumatera dan Indonesia bagian Timur
  3. 3. Kerangka kesepakatan antara VINCI CONSTRUCTION GRANDS PROJETS dan ITDC tentang pengembangan wisata terpadu Mandalika (Lombok)
  4. 4. Konvensi Kemitraan antara AFD dan Royal Lestari Utama

Kesepakatan Kerjasama Lainnya

  1. 1. Pengaturan administrasi kerja sama ilmiah antara grup Institut Ilmu Pengetahuan Terapan Nasional Prancis (INSA) dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)
  2. 2. Konvensi kerja sama untuk pelaksanaan program PhD Kementerian Agama Republik Indonesia
  3. 3. Kesepakatan kemitraan di bidang penelitian pertanian antara CIRAD dan mitra Indonesia (PT SMART, Grup Sinar Mas) tentang keberlanjutan sektor-sektor seperti minyak kelapa sawit dan karet
  4. 4. Kesepakatan kerja sama antara “CosmeticValley” dan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI tentang di bidang penelitian dan inovasi
  5. 5. Kerangka kesepakatan kerja sama di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi nuklir antara Komisariat Energi Atom (CEA) dan Badan Tenaga Nuklir Nasional. Kesepakatan untuk memfasilitasi digiatkannya kembali pertukaran ahli antara badan Prancis dan Indonesia di bidang nuklir sipil.
  6. 6. Kesepakatan kerja sama di bidang reaktor nuklir percobaan antaran CEA dan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN). Kesepakatan tersebut memberikan akses bagi para peneliti Indonesia untuk mengikuti pelatihan dan penelitian di reaktor percobaan Jules Horowitz di Prancis.
  7. 7. Pengaturan administratif tentang kerja sama ilmiah antara kelompok dari Institut Ilmu Pengetahuan Terapan Nasional Prancis (INSA) dan Universitas Negeri Islam (UIN). Kesepakatan bertujuan memberikan kerangka kerja sama untuk pertukaran staf (pendidikan melalui penelitian ) dan untuk pelaksanaan proyek-proyek kerja sama penelitian dan inovasi.
  8. 8. Kesepakatan kerja sama di bidang riset antara Universitas Montpellier dan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Ini merupakan kesepakatan kerja sama pendidikan tingkat doktor, di bidang ilmu kelautan.

Kesepakatan Bisnis Lainnya

  1. 1. Kerja sama antara DCNS dan PT. AIR – di bidang energi laut
  2. 2. Kesepakatan sewa untuk toko DECATHLON yang pertama di Indonesia dengan pihak ALAM SUTERA REALTY
  3. 3. Kontrak untuk pembangunan jembatan di Propinsi Kalimantan Timur antara MATIERE dan KALTIM JAYA BARA
  4. 4. Kesepakatan pengembangan antara ENGIE dan LISTRIK VINE tentang jaringan listrik mikro (microgrid) di pedesaan Papua
  5. 5. Kesepakatan perpanjangan kerja sama dagang dan industry di bidang jasa dan pemeliharaan antara antara AIRBUS Hélicoptère dan PT. DI
  6. 6. Kesepakatan antara ENGIE dan ARYA WATALA CAPITAL tentang pengembangan kelistrikan tenaga surya skala kecil di NTT
  7. 7. Surat pernyataan kehendak (Letter of Intent) antara THINK SMARTGRID dan PLN dalam rangka kerja sama di bidang jaringan pintar
  8. 8. Kerangka kerja sama antara AKUO dan PLN tentang proyek pembangkit listrik hibrida (fotovoltaik, tenaga surya, dan angin)
  9. 9. Kerangka kerja sama antara EREN RE dan PLN tentang proyek pembangkit listrik tenaga angin

Kesepakatan Bisnis di Sela-Sela Kunjungan

  1. Kerangka kesepakatan kerja sama antara EDF dan PLN

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif