Jateng
Rabu, 29 Maret 2017 - 06:50 WIB

Gubernur Ingin Setiap Gedung Publik di Jateng Ramah Disabilitas

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Penyandang disabilitas tunanetra yang tergabung dalam Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) Solo mencoba berjalan di jalur khusus tunanetra di Terminal Tirtonadi, Solo, Jumat (21/10/2016). (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)

Gubernur Ganjar Pranowo ingin setiap gedung publik di Jateng ramah bagi penyandang disabilitas.

Semarangpos.com, SEMARANG — Pemerintah Provinsi Jawa Tengah ditegaskan Gubernur Ganjar Pranowo berkomitmen memberikan kemudahan akses berbagai fasilitas umum bagi para penyandang disabilitas di wilayah itu.

Advertisement

“Setiap gedung publik di Jateng harus memenuhi persyaratan ramah terhadap masyarakat berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Semarang, Jumat (24/3/2017).

Orang nomor satu di Provinsi Jateng itu mengakui jika sampai saat ini masih banyak bangunan di Jateng yang belum memenuhi syarat ramah bagi penyandang disabilitas.

Menurut Ganjar hal itu berdasarkan keluhan dari kelompok-kelompok disabilitas yang tersebar di berbagai daerah, terutama terkait kondisi gedung dan fasilitas umum di Jateng yang sulit atau tidak bisa diakses difabel.

Advertisement

“Pokoknya kalau ada pembangunan undhak-undhakan [tangga] harus ada jalan untuk disabilitas dan ini saya umumkan kepada semua bupati, kalau perlu nanti diinstruksikan kepada camat sampai kades agar dibuatkan jalan untuk teman-teman disabilitas,” ujarnya.

Ganjar juga berharap pemerintah pada semua tingkatan untuk lebih serius memperhatikan hak penyandang disabilitas, seperti aksesbilitas ruang publik, pemberdayaan, serta layanan pendidikan dan kesehatan.

“Sedangkan untuk yang lebih modern adalah sistem layanan transportasi, yang juga mesti mudah diakses penyandang kebutuhan khusus,” katanya.

Advertisement

Jika usulan prioritas pembangunan untuk para penyandang disabilitas direalisasikan, kata Ganjar maka difabel di Jateng akan lebih berdaya dan produktif dalam berbagai bidang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif