News
Rabu, 29 Maret 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 29 Maret

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Fabio Borini dan N'Golo Kante, dua atlet sepak bola yang lahir pada 29 Maret 1991. (Stuff.co.nz)

Catatan peristiwa penting dan bersejarah yang terjadi dari tahun ke tahun pada 29 Maret, dihimpun dari berbagai belahan dunia.

Solopos.com, SOLO – Beragam peristiwa penting dan bersejarah dari berbagai belahan dunia terjadi dari tahun ke tahun pada hari ke-88—hari ke-89 dalam tahun kabisat—dalam sistem kalender Gregorian, 29 Maret. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, Solopos.com merangkum beragam peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 29 Maret:

Advertisement

Murad II (Biyografya.com)

1430
Pasukan Kekaisaran Ottoman di bawah pimpinan Murad II berhasil merebut Kota Tesalonika dari Republik Venesia. Kini, Kota Tesalonika menjadi bagian dari Yunani dan menjadi kota terbesar kedua di Yunani.

Advertisement

1430
Pasukan Kekaisaran Ottoman di bawah pimpinan Murad II berhasil merebut Kota Tesalonika dari Republik Venesia. Kini, Kota Tesalonika menjadi bagian dari Yunani dan menjadi kota terbesar kedua di Yunani.

1632
Inggris dan Prancis menandatangani Perjanjian Saint-Germain yang mengharuskan Inggris mengembalikan wilayah Quebec kepada Prancis. Sebelumnya, Inggris telah menguasai Quebec sejak 1629.

1847
Dalam Perang Amerika Serikat (AS)-Meksiko, pasukan AS yang dipimpin Jenderal Winfield Scott berhasil mengambil alih Kota Veracruz di Meksiko. Sebelumnya, pasukan AS yang dipimpin Jenderal Winfield Scott telah mengepung kota tersebut selama beberapa hari.

Advertisement

1857
Pasukan militer India pimpinan Mangal Pandey yang dikontrol pemerintah Inggris memberontak dan menolak perintah dari Pemerintah Inggris. Atas pemberontakan tersebut, Mangal Pandey dijatuhi hukuman mati.

1879
Pasukan Inggris yang mendirikan perkemahan di wilayah Kambula, Afrika Selatan diserang pasukan Kerajaan Zulu. Inggris berhasil mengalahkan pasukan Kerajaan Zulu yang berjumlah 20.000 orang. Pertempuran itu disebut sebagai Pertempuran Kambula dan merupakan salah satu pertempuran yang terjadi selama Perang Inggris-Zulu. Perang tersebut juga menjadi tanda dimulainya kekuasaan Inggris di Afrika Selatan.

Rui Costa. (Acmilan.com)

Advertisement

1972
Rui Manuel Cesar Costa atau lebih dikenal sebagai Rui Costa lahir di Amadora, Portugal. Ia dikenal sebagai mantan pemain sepak bola yang pernah bermain di dua klub besar asal Italia, Fiorentina dan A.C. Milan.

1973
Pasukan Amerika Serikat (AS) meninggalkan Vietnam Selatan dan mengakhiri keterlibatan AS dalam Perang Vietnam. Meski demikian, Perang Vietnam baru berakhir pada 1975.

1991
Fabio Borini lahir di Bentivoglio, Italia. Borini kini dikenal sebagai pemain sepak bola yang bermain unutuk salah satu klub di Inggris, yakni Sunderland. Sebelumnya, ia pernah merumput bersama sejumlah klub besar di Eropa seperti Chelsea, Liverpool, dan Roma.

Advertisement

1991
N’Golo Kante lahir di Paris Prancis. Ia kini dikenal luas sebagai bintang sepak bola berkebangsaan Prancis yang bermain untuk klub besar di Liga Inggris, Chelsea.

2010
Dua wanita melakukan serangan bom bunuh diri di dua stasiun metro berbeda di Moskow, Rusia. Pihak berwenang mengaitkan serangan tersebut dengan kelompok separatis Chechnya. Serangan tersebut menewaskan 40 orang dan melukai 100 lainnya. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa 28 Maret
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa 27 Maret
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa 26 Maret

Advertisement
Kata Kunci : Catatan Peristiwa Catatan Sejarah Dunia Hari Ini Sejarah Dunia
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif