Jateng
Selasa, 28 Maret 2017 - 04:50 WIB

WISATA KUDUS : Pasar Kliwon Kudus Diproyeksikan Jadi Objek Wisata Belanja

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bangunan Pasar Kliwon di Jl. Jenderal Sudirman, Kudus, Jateng yang diproyeksikan menjadi objek daya tarik wisata belanja. (JIBI/Solopos/Antara/Akhmad Nazaruddin Lathif)

Wisata Kudus diharapkan pemerintah daerah setempat bisa didukung Pasar Kliwon Kudus sebagai objek wisata belanja.

Semarangpos.com, KUDUS — Pemerintah Kabupaten Kudus memproyeksikan Pasar Kliwon di Jl. Jenderal Sudirman, Kudus, Jawa Tengah (Jateng) yang selama ini menjadi pusat kulakan konfeksi di wilayah eks Keresidenan Pati menjadi objek daya tarik wisata belanja.

Advertisement

“Kami sudah mengunjungi Pasar Kliwon Kudus bersama Kepala Dinas Perdagangan Kudus Sudiharti untuk mengetahui kesiapan pasar tersebut menerima kunjungan wisatawan,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus Yuli Kasiyanto di Kudus, Senin (27/3/2017).

Berdasarkan kunjungannya ke Pasar Kliwon itu, Yuli mengatakan terdapat beberapa hal yang perlu dibenahi, seperti ekskalator harus bisa digunakan serta pintu masuk pasar juga harus bersih dan bebas dari pedagang kaki lima (PKL). Hal itu, lanjut dia, dibutuhkan demi membuat pengunjung merasa nyaman di pasar yang diharapkan mampu menjadi objek daya tarik wisata belanja tersebut.

“Jangan sampai baru mau masuk ke lokasi wisata belanja sudah disambut pemandangan PKL yang kurang nyaman,” ujarnya.

Advertisement

Selain itu, sambung Yuli, tingkat kebersihan lingkungan pasar juga harus tetap dijaga karena hal itu menjadi salah satu kunci ketertarikan wisatawan berkunjung. “Para pedagang juga harus membiasakan diri menerapkan prinsip 3S, di antaranya senyum, salam dan sapa, terhadap setiap pengunjung,” ujarnya.

Masukan lainnya, yakni soal peta pasar atau penunjuk jalan masuk dan keluar pasar agar tidak membingungkan pengunjung karena lokasinya yang cukup luas.

Ia optimistis Pasar Kliwon bisa menjadi daya tarik wisatawan untuk berbelanja karena sarana dan prasarananya juga lengkap serta selama ini dikenal sebagai pasar terbesar di wilayah Pantura. Apalagi, lanjut dia, semua kebutuhan rumah tangga juga bisa dipenuhi dengan berbelanja di pasar tersebut.

Advertisement

Ia berharap lantai tiga pasar tersebut juga digunakan untuk berjualan agar lebih ramai. Untuk merealisasikan Pasar Kliwon sebagai wisata belanja, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus akan turut mempromosikan Pasar Kliwon sebagai wisata belanja setiap mengikuti promosi wisata.

“Kami juga akan memfasilitasi setiap ada kunjungan wisatawan untuk diarahkan menuju Pasar Kliwon,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kudus Sudiharti menambahkan sarana dan prasarana yang ada di Pasar Kliwon saat ini cukup lengkap, termasuk tersedia eskalator di pintu masuk pasar. Ia menganggap fasilitas yang perlu disediakan untuk menyambut wisatawan, yakni ketersediaan tempat parkir yang luas dan mampu menampung bus wisatawan yang berukuran besar. Adapun jumlah pedagang yang ada di Pasar Kliwon yang menempati lahan seluas 13.300 m2 itu, baik di lantai I dan II mencapai 2.847 orang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif