Jateng
Selasa, 28 Maret 2017 - 22:50 WIB

PERTANIAN JATENG : Gubernur Dorong Penyuluh Manfaatkan TI

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi penyuluh pertanian. (JIBI/Solopos/Antara)

Pertanian Jateng yang mampu menjaga kedaulatan pangan diakui Gubernur Ganjar Pranowo tak bisa dilepaskan dari peranan penyuluh pertanian.

Semarangpos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengapresiasi kinerja para petugas penyuluh pertanian untuk mewujudkan kedaulatan pangan di provinsi ini. Diingatkannya kemudian kepada insan pertanian penjaga ketahanan pangan Jateng itu untuk memanfaatkan teknologi informasi (TI) dalam kerja mereka.

Advertisement

“Produksi beras Jateng tetap melimpah, termasuk buah dan sayuran, meskipun beberapa daerah mengalami gagal panen akibat banjir atau serangan hama,” kata Ganjar di Semarang, Minggu (26/3/2017).

Politikus PDI Perjuangan itu menyebutkan bahwa pertumbuhan pertanian dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. “Kalau daulat pangan, kita berdaulat, sekarang orang Jateng mau makan apa semua bisa menentukan sendiri apa yang ingin dimakan, dan tidak ada yang memaksa harus makan tiwul, sagu, beras atau lainnya,” ujarnya.

Kendati demikian, Ganjar tetap mengingatkan seluruh petugas penyuluh pertanian memanfaatkan teknologi informasi dalam melakukan pendampingan terhadap para petani. “Saat ini petani dan penyuluh memasuki era virtual digital, oleh karena itu saya minta penyuluh pertanian memanfaatkan teknologi informasi saat mendampingi petani,” kata mantan anggota DPR RI itu.

Advertisement

Menurut Ganjar, pemanfaatan teknologi informasi (TI) dalam menggelorakan semangat pertanian Jateng tersebut sekaligus untuk mengantisipasi ketertinggalan sumberdaya manusia (SDM) petani di tengah kemajuan teknologi. Petani saat ini, kata Ganjar, dituntut kerja cerdas di tengah perkembangan dunia teknologi dan peran penyuluh sedang dibutuhkan petani saat ini agar ketika ada permasalahan terkait hama dan sebagainya, dapat ditangani dengan cepat.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif