Jogja
Senin, 27 Maret 2017 - 04:19 WIB

KECELAKAAN WISATA : Sempat Hilang Terseret Ombak di Pantai Kemadang, Seorang Gadis Berhasil Selamat

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gelombang tinggi tampak bergulung-gulung di Pantai Baron, Kemadang, Tanjungsari, Minggu (24/8/2014). (JIBI/Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah)

Kecelakan wisata terjadi di Pantai Kemadang Tanjungsari Gunungkidul

 

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–-Seorang wisatawan asal Klaten, Jawa Tengah terseret ombak di Pantai Sepanjang, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari. Beruntung nyawanya masih dapat diselamatkan oleh tim Search and Rescue (SAR)

Endah Dwi Setaningtiyas warga Desa Mranggen, Kecamatan Jatinom, Klaten terseret ombak. Meski dalam beberapa saat korban sudah hilang ditelan gelombang tinggi, namun dengan kerja keras tim SAR, gadis 18 tahun itu berhasil ditemukan, dalam kondisi luka, Minggu (26/3/2017).

Wasno, salah satu anggota tim SAR Pantai Sepanjang yang melakukan pertolongan pada korban menjelaskan kejadian ini berawal ketika korban bersama beberapa wisatawan yang lain, bermain air di pinggir pantai.

Advertisement

”Tiba-tiba datang ombak besar. Beberapa wisatawan berhasil lari, namun korban ketika lari justru terjatuh dan akhirnya terseret ombak,” jelasnya.

Melihat kejadian tersebut, tim SAR yang saat itu sedang bertugas, langsung melakukan penyelamatan terhadap korban. Hanya saja diakui Wasno, saat melakukan evakuasi korban, tim SAR mengalami kendala. Salah satu kendala yang menyulitkan lantaran ombak besar pada saat kejadian cukup besar.

Kendati demikian korban akhirnya dapat ditemukan. “Saat ditemukan, korban dalam kondisi terjepit. Kaki kirinya masuk lubang batu karang,” tuturnya. Kemudian dengan berbagai upaya, tubuh korban berhasil diangkat dan selanjutnya di bawa ke pos SAR terdekat.

Advertisement

Namun karena karena korban mengalami luka yang cukup serius, korban kemudian di larikan ke rumah sakit. “Kami menduga kaki kirinya patah, sehingga kami bawa ke RSUD Wonosari untuk mendapat perawatan lebih lanjut,” kata dia.

Sementara itu, anggota tim SAR lain yang juga bertugas di Pantai Sepanjang, Surisdiyanto menambahkan bahwa kondisi ombak pantai selatan sejak beberapa hari terakhir memang cukup tinggi. Oleh sebab itu pihaknya sudah menghimbau kepada seluruh pengunjung pantai agar berhati-hati.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif