Soloraya
Senin, 27 Maret 2017 - 01:00 WIB

Jelang Hari Raya Nyepi, Umat Hindu Soloraya Medhak Tirta di Pengging

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Umat Hindu asal Boyolali, Solo, dan Klaten mengikuti acara Medhak Tirta di pemandian Pengging, Banyudono, Boyolali, Sabtu (25/3/2017). (Akhamad Ludiyanto/JIBI/Solopos)

Hari Raya Nyepi tak lama lagi.

Solopos.com, BOYOLALI — Ratusan umat Hindu asal Boyolali, Solo, dan Klaten mengikuti acara Medhak Tirta di kawasan pemandian Pengging, Banyudono, Boyolali, Sabtu (25/3/2017). Seluruh prosesi ritual yang merupakan rangkaian Hari Raya Nyepi ini berlangsung khidmat.

Advertisement

Ritual Medhak Tirta atau pengambilan air dari sumbernya itu didahului dengan sembahyangan di Umbul Ngabean, salah satu umbul di pemandian Pengging tersebut. Selanjutnya, beberapa perwakilan umat Hindu berenang ke sumber air (tuk) di tengah umbul sambil membawa sejumlah tabung dan kemudian mengisinya.

Air itu nantinya akan digunakan sebagai salah satu kelengkapan upacara Tawur Agung yang akan dilangsungkan Senin (27/3/2017) yang dipusatkan di kompleks Candi Prambanan.

Sebelum ritual Mendhak Tirta di umbul tersebut digelar, umat Hindu melakukan kirab sesaji dan pratima (peralatan persembahyangan) dari Pura Bhuana Suci Saraswati di Desa Ngaru-Aru berjalan kaki menuju ke pemandian Pengging yang berjarak sekitar satu kilometer.

Advertisement

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Boyolali Pinandhita Sutarto mengatakan, prosesi Mendhak Titra atau Melasti di kawasan umbul Pengging ini merupakan kali ketiga bagi umat Hindu di Boyolali. Tahun 2016 ritual dilakukan di umbul yang sama, sedangkan 2015 ritual dilangsungkan di umbul Sungsang, tak jauh dari umbul Pengging.

“Prosesi Mendhak Tirta ini adalah rangkaian dari Hari Raya Nyepi bagi umat Hindu untuk mencari amerta atau air kehidupan untuk membangkitkan nilai spiritual, kesadaran tentang rohani, dan kebersihan jiwa,” ujarnya kepada wartawan di sela-sela acara.

Dia berharap melalui prosesi ini segenap bangsa Indonesia diberi kesejahteraan kedamaian keducian lahir batin oleh Tuhan YME.

Advertisement

Sementara itu, Sekretaris PHDI Kecamatan Banyudono sekaligus sekretaris panitia acara Mendhak Tirta, Parjiyanto menambahkan, kirab kali ini sedikit berbeda karena menghadirkan 25 prajurit keraton (pakoso) dalam barisan agar untuk lebih menguatkan budaya Jawa. “Selain itu, sesaji yang dibawa juga kali ini tambah banyak. Jika Biasanya satu gunungan, kali ini ada 3 gunungan dan 1 pratima [alat-alat sembahyangan],” ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif