Sport
Senin, 27 Maret 2017 - 08:25 WIB

FORMULA ONE 2017 : Vettel Juara GP Australia, Ferrari Kian Optimistis

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tim Ferrari merayakan kemenangan. (JIBI/REUTERS/Mark Horsburgh)

Formula One 2017 diwarnai dengan juaranya Sebastian Vettel.

Solopos.com, MELBOURNE — Pernyataan amat percaya diri dilontarkan Presiden Ferrari, Sergio Marchionne, selepas Sebastian Vettel memenangi seri perdana Formula 1 (F1) 2017 di Sirkuit Albert Park, Minggu (26/3/2017). Marchionne menyebut hanya masalah waktu untuk mengembalikan kejayaan Ferrari di ajang balapan jet darat.

Advertisement

Di Melbourne, Vettel sukses mendahului pembalap Mercedes, Lewis Hamilton, untuk memberikan kemenangan pertama bagi Ferrari sejak GP Singapura 2015. Kemenangan itu juga menjadikan Vettel driver non-Mercedes pertama yang memimpin klasemen pembalap sejak tahun 2013.

Moncernya Tim Kuda Jingkrak, sebutan Ferrari, memang sudah terlihat sejak tes pramusim. Hamilton pun mengakui kecepatan kompetitornya itu dalam beberapa kesempatan. “Kami telah menunggu kemenangan ini sejak hampir satu setengah tahun lalu. Mendengar lagu kebangsaan Italia membuat saya terharu,” ucap Marchionne seperti dilansir Autosport, Minggu.

Vettel menjalani balapan yang cukup mulus meski start dari posisi kedua di belakang Hamilton. Titik balik Vettel terjadi saat Hamilton masuk pitstop pada lap 18. Setelah keluar dari pit, Hamilton sempat tertahan di belakang Max Verstappen yang belum melakukan pitstop. Vettel yang masuk pit setelahnya akhirnya berhasil keluar di depan Hamilton dan menjaga jarak hingga akhir balapan.

Advertisement

Marchionne menegaskan kemenangan di Australia hanyalah langkah pertama untuk meraih gelar juara di akhir musim. Sebagai tim yang punya reputasi mentereng di F1, nasib Ferrari beberapa tahun terakhir memang menyedihkan. Terakhir kali mereka mengangkat titel juara konstruktor pada 2008 saat diperkuat Kimi Raikkonen dan Felipe Massa.

“Kemenangan ini bukan tujuan tapi hanya langkah awal. Kami harus fokus untuk pengembangan setiap hari,” ujar Marchionne.

Vettel puas dengan performa Ferrari yang langsung kompetitif sejak awal musim. Dia mengakui tertahannya Hamilton oleh Max Verstappen setelah pitstop krusial untuk mendukung kemenangan keempatnya bersama Ferrari. “Balapan berlangsung amat ketat. Saya tahu Max akan berbuat sesuatu. Saya hanya berusaha fokus di depan,” tutur pembalap Jerman ini.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif