News
Senin, 27 Maret 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 27 Maret

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Lukisan Peninsular War: Battle Of Ciudad Real. (Thisday.thefamouspeople.com)

Catatan peristiwa penting dan bersejarah dari tahun ke tahun pada 27 Maret ini, patut dikenang.

Semarangpos.com, SOLO – Sejumlah peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 27 Maret. Demi mengenang peristiwa tersebut, Semarangpos.com menyajikan catatan peristiwa dunia hari ini, 27 Maret, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

Advertisement

Juan Ponce de León (History.com)

1513
Penjelajah asal Spanyol, Juan Ponce de Leon, tiba di ujung utara Bahama. Setelah itu, Ponce de Leon melanjutkan perjalanannya ke Florida, Amerika Serikat (AS).

Advertisement

1513
Penjelajah asal Spanyol, Juan Ponce de Leon, tiba di ujung utara Bahama. Setelah itu, Ponce de Leon melanjutkan perjalanannya ke Florida, Amerika Serikat (AS).

1625
Cahrles I resmi menjadi Raja Inggris menggantikan ayahnya, James I, yang meninggal dunia pada hari yang sama. Selain menjadi Raja Inggris, Charles I juga menyatakan dirinya sebagai Raja Prancis.

1803
Pasukan gabungan Prancis dan Polandia berhasil mengalahkan Spanyol dalam Pertempura Ciudad Real, di Ciudad Real, Spanyol. Pertempuran itu adalah salah satu dari banyak pertempuran selama Perang Kemerdekaan Spanyol.

Advertisement

Emilio Aguinaldo (Wikiwand.com)

1899
Emilio Aguinaldo memimpin pasukan Filipina melawan pasukan Amerika Serikat (AS) dalam Pertempuran Sungai Marilao, di Marilao, Bulacan, Filipina. Dalam pertempuran itu, Filipina menelan kekalahan dengan jumlah korban tewas sebanyak 90 prajurit. Sedangkan AS hanya kehilangan 14 tentaranya.

1920
Rusia mengalami kekurangan persediaan makanan yang mengakibatkan rakyatnya kelaparan. Kekurangan makanan itu disebabkan hasil pertanian yang terhenti di negara tersebut akibat dari Perang Dunia I dan Perang Revolusi Rusia.

Advertisement

1938
Pertempuran antara pasukan Jepang dan Tiongkok meletus di Kiangsu, Tiongkok. Bentrokan antara pasukan dari dua negara tersebut berlangsung selama beberapa pekan. Pasukan Tiongkok berhasil menjadi pemenang dalam pertempuran yang kini disebut Pertempuran Taierzhuang itu.

Kapal milik AS rusak setelah ditembaki pasukan Jepang dalam pertempuran di Kepulauan Komandorski di dekat Rusia. (Wikimedia.org)

1943
Pertempuran yang melibatkan Jepang dan Amerika Serikat (AS) di Kepulauan Komandorski di dekat Rusia meletus setelah Angkatan Laut AS mencegat kapal milik Jepang yang akan mengirim pasukannya ke Pulau Kiska. Akibat pertempuran itu, Jepang gagal mengirim pasukannya ke Pulau Kriska.

Advertisement

1990
Pemerintah Amerika Serikat (AS) meluncurkan stasiun televisi bernama TV Marti. Stasiun televisi tersebut bertujuan untuk menggaungkan propaganda anti-Fidel Castro, pemimpin Kuba. TV Marti juga memiliki jangkauan penyiaran hingga Kuba.

2014
Filipina menandatangani perjanjian damai dengan kelompok pemberontak Moro Islamic Liberation Front (MILF) atau Gerakan Pembebasan Islam Moro. Kelompok tersebut sebelumnya telah melakukan sejumlah pemberontakan menggunakan jalan kekerasan selama berpuluh-puluh tahun. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa 26 Maret

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif