Sport
Minggu, 26 Maret 2017 - 20:25 WIB

PIALA SOERATIN 2017 : Persis Jr Hajar Persebi Jr 3-0

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pemain Persis Solo Junior Gunawan Satria Prasojo (kiri) berebut bola dengan pemain Persebi Boyolali Junior Nur Fa’iq Agus Shiddiq pada pertandingan Piala Soeratin U-17 Jateng 2017 di Stadion Manahan, Solo, Minggu (26/3). (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)

Piala Soeratin 2017 diwarnai dengan kemenangan Persis Junior.

Solopos.com, SOLO — Persis Solo Junior (Jr) meraih poin penuh pada laga perdana Grup A Piala Soeratin 2017 Wilayah Jawa Tengah (Jateng). Anak-anak asuhan Muhammad Nurhadi El Hamid menang telak 3-0 atas Persebi Boyolali Jr di Stadion Manahan, Solo, Minggu (26/3/2017) sore WIB.

Advertisement

Kemenangan telak tersebut tidak lepas dari serangan agresif tim tuan rumah sejak peluit kick off dibunyikan. Bahkan, hanya butuh waktu 15 detik bagi sayap kanan Persis Jr, Johan Febriananta, untuk mencetak gol pertama. Hanya dengan lima sentuhan dan empat operan, Johan yang membawa bola di sisi kanan lapangan melepaskan tendangan keras dengan kaki kanannya. Bola tersebut, tidak mampu dihalau penjaga gawang Persebi Jr, Panca Agung Pamungkas.

Gol cepat tersebut membuat Persebi Jr dalam tekanan sejak awal. Sehingga dengan leluasa Persis Jr menguasai permainan. Upaya anak-anak Persis Jr untuk menggandakan keunggulan akhirnya terwujud pada menit ke-23. Gol kedua itu bermula dari tendangan pojok yang dilepaskan Johan, umpan tersebut langsung disambar striker Persis Jr, Gunawan Satria.

Sepanjang babak pertama, Persebi Jr belum mampu keluar dari tekanan. Mereka hanya beberapa kali melakukan serangan balik yang kandas di kaki pemain belakang Persis Jr. Sedangkan, pertahanan mereka direpotkan dengan serangan bertubi-tubi. Panca terpaksa memungut bola dari gawangnya untuk kali ketiga setelah Gunawan kembali mencetak gol dengan kepalanya pada menit ke-45. Skor 3-0 tidak berubah hingga turun minum.

Advertisement

Pada babak kedua, anak-anak Persebi Jr mulai terlihat mampu mengimbangi permainan Persis Jr. Namun, beberapa peluang yang tercipta belum mampu menghasilkan gol. Begitu juga dengan Persis Jr, peluang yang dimiliki tidak bisa mengubah skor. Skor 3-0 untuk Persis Jr tak berubah hingga laga usai.

Pelatih Persis Jr, Muhammad Nurhadi El Hamid menilai permainan Johan dkk. sudah memuaskan. Namun, menurut dia stamina para pemain masih perlu ditingkatkan. Persis Jr punya waktu satu pekan sebelum menjamu Persiwi Wonogiri pada Minggu (2/4/2017).

“Anak-anak berhasil mencetak tiga gol di babak pertama, mereka bermain sesuai dengan intruksi yang saya berikan. Tetapi di babak kedua, anak-anak staminanya mulai menurun karena sudah habis di babak pertama. Jadi, penekanan terhadap lawan kurang. Akhirnya kami mengganti lima pemain di babak kedua,” ujar pelatih yang akrab disapa Memet itu kepada Solopos.com, seusai pertandingan.

Advertisement

Di sisi lain, pelatih Persebi Jr, Aris Sugiarto menyayangkan terjadinya gol cepat. Menurutnya, kelengahan pemain belakang di awal babak membuat timnya dalam tekanan. “Gol cepat itu mungkin meruntuhkan mental anak-anak. Setelah babak pertama, saya sampaikan kepada anak-anak untuk menekan ke depan, tidak menunggu di pertahanan sendiri,” tandas Aris.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif