Jogja
Minggu, 26 Maret 2017 - 09:20 WIB

PERTANIAN KULONPROGO : Pembangunan NYIA Buat Lahan Cabai Berkurang Ratusan Hektare

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Girimarto, Wonogiri, Agus Saleh, mengecek tanaman cabai di Dusun Buling, Desa Bubakan, Kecamatan Girimarto, Wonogiri, Senin (6/3/2017). (Danur Lambang Pristiandaru/JIBI/Solopos)

Pertanian Kulonprogo untuk luas area tanaman cabai mengalami pengurangan.

Harianjogja.com, KULONPROGO — Luas panen tanaman cabai diketahui meningkat signifikan pada 2016. Meski begitu, penambahan luas lahan pertanian cabai dianggap sebagai upaya peningkatan hasil produksi yang tidak mungkin dilakukan di Kulonprogo.

Advertisement

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Holtikutura Dinas Pertanian dan Pangan Kulonprogo, Eko Purwanto, Jumat (24/3/2017). Dia menanggapi informasi adanya wacana penambahan luas lahan pertanian cabai hingga 500 hektare (ha) oleh Pemda DIY. Langkah itu diharapkan dapat mengatasi lonjakan harga cabai akibat meningkatnya permintaan konsumen.

“Tapi kalau mau perluasan jelas tidak bisa, khususnya di Kulonprogo,” kata Eko.

Eko memaparkan, pembangunan bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) membuat luas lahan pertanian di Kulonprogo berkurang. Kondisi itu juga berlaku pada lahan pertanian tanaman holtikultura, termasuk cabai. Berdasarkan pendataan yang dilakukan tim, megaproyek di Temon itu diketahui membuat lahan pertanian cabai berkurang hingga sekitar 300 ha. Menurutnya, lokasi pembangunan bandara memang merupakan salah satu wilayah andalan untuk budi daya cabai.

Advertisement

Eko menyadari jika permintaan pasar terhadap komoditas cabai perlu mendapatkan perhatian khusus. Meski begitu, penambahan luas lahan bukan satu-satunya solusi. Hasil produksi tanaman cabai dapat ditingkatkan melalui beragam cara lain, seperti ketepatan dalam pemupukan dan pengolahan lahan serta pemakaian bibit dari varietas unggul.

“Ada juga upaya untuk mempertahankan luas tanam,” ujar Eko.

Kepala Seksi Produksi Holtikutura Dinas Pertanian dan Pangan Kulonpogo, Agus Purwaka mengatakan, hasil produksi cabai sepanjang 2016 diketahui 184.208 kuintal, lebih banyak dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 113.289 kuintal. Angka itu selaras dengan luas panen yang juga meningkat signifikan dari 1.380 ha menjadi 2.243 ha.

Advertisement

Agus menjelaskan, penambahan luas panen merupakan kontribusi dari sisa musim tanam di akhir 2015 yang baru dapat panen pada awal 2016. Cuaca yang tidak menentu menjadi penyebab utamanya. “Agustus seharusnya mulai tanam tapi mundur jadi Oktober. Kalau cuaca normal, bisa panen Desember tapi itu Januari-Februari baru panen,” ucap Agus.

Sementara itu, data perkembangan harga bahan pokok Dinas Perdagangan Kulonprogo menunjukkan harga komoditas cabai mulai menurun. Berdasarkan pantauan di Pasar Wates pada Senin (20/3) kemarin, harga cabai rawit merah diketahui Rp95.000 per kilogram. Walau tidak signifikan, angka tersebut lebih rendah dibanding sepekan sebelumnya yang mencapai Rp100.000 per kg. Begitu pula dengan cabai rawit yang harganya sedikit turun dari Rp60.000 menjadi Rp55.000 per kg.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif