Jateng
Minggu, 26 Maret 2017 - 20:50 WIB

EARTH HOUR 2017 : Hotel di Semarang Bisa Hemat Jutaan Rupiah

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Suasana peringatan Earth Hour yang digelar belasan komunitas di Hotel Grand Candi, Semarang, Sabtu (25/3/2017) malam. (Imam Y.S./JIBI/Semarangpos.com)

Earth Hour 2017 bisa membuat industri perhotelan di Kota Semarang berhemat pengeluaran listrik. 

Semarangpos.com, SEMARANG — Earth Hour 2017 diperingati kalangan industri perhotelan Kota Semarang dengan ikut mematikan selama satu jam berbagai peranti elektronik. Kendati PT PLN Distribusi JawaTengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DJTY) mengklaim peringatan momentum yang bisa diterjemahkan secara bebas sebagai Jam Bumi 2017 itu tak berdampak signifikan terhadap beban listrik kedua provinsi, nyatanya pemakaian listrik hotel di Kota Semarang turun jutaan rupiah.

Advertisement

Hotel Star yang dihubungi Kantor Berita Antara adalah kalangan industri perhotelan di Kota Semarang yang berpartisipasi dalam kampanye penyelamatan lingkungan Earth Hour tersebut. General Manager Hotel Star Semarang Benk Mintosih, Sabtu (25/3/2017) malam, menyebutkan setidaknya mampu berhemat sekitar Rp2 juta dengan mematikan listrik selama 1 jam. “Setiap hotel berbeda. Untuk hotel-hotel besar seperti kami sekitar Rp2 juta penghematannya dengan gerakan ini,” kata Benk Mintosih.

Earth Hour atau Jam Bumi 2017 merupakan program tahunan aksi penyelamatan lingkungan dengan kesediaan mematikan lampu dan berbagai peralatan listrik secara serentak pada pukul 20.30 WIB-21.30 WIB setiap akhir Maret. Benk menjelaskan bentuk partisipasi Hotel Star Semarang bukan hanya dengan mematikan lampu, tetapi juga mematikan berbagai perangkat kelistrikan, seperti AC di seluruh kamar dan dua dari tiga lift yang ada.

Diakuinya, para tamu hotel sudah banyak yang memahami gerakan Earth Hour atau Jam Bumi 2017 sehingga merelakan lampu, televisi, termasuk AC kamarnya dimatikan selama 1 jam. “Kami sudah sampaikan kepada tamu. Mereka memahami. Mereka bilang, ‘Ya, Pak, nanti saya turun ke bawah saja [lobi]. Namun, ya, tetap saja ada satu-dua tamu yang menggrundel [mengomel] karena AC dimatikan,” katanya.

Advertisement

Di lobi hotel, sudah disiapkan band akustik yang menghibur selama listrik dimatikan, dan sudah terpasang pula deretan lilin di lantai yang disusun membentuk tulisan, “60+ Earth Hour”. “Tadi, pas lampu dimatikan ada empat tamu yang antre reservasi. Namun, mereka maklum, malah nanya ‘boleh foto-foto enggak?’. Ya, kami konsisten semua listrik dimatikan dahulu, kecuali perangkat yang bersifat emergency,” katanya.

Pelayanan resepsionis bahkan sementara menggunakan senter dan nyala layar telepon seluler (ponsel) karena lampu di lobi hotel juga ikut dimatikan. Namun, Benk yang juga Wakil Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Tengah itu mengakui belum semua hotel di Kota Semarang berpartisipasi dalam kampanye Earth Hour atau Jam Bumi 2017. Padahal, kata dia, bisa dibayangkan penghematannya jika semua hotel di Semarang ikut berpartisipasi dengan mematikan listrik, belum termasuk instansi-instansi lainnya.

Menurut dia, perayaan Earth Hour semacam itu tidak memengaruhi okupansi, tetapi justru bisa menjadi daya tarik ketika semua hotel berkomitmen melakukannya. Bahkan, bisa dilakukan sebulan sekali. “Okupansi kami juga tetap tinggi. Dari total 259 kamar, occupate-nya sebanyak 139 kamar. Apalagi, kami berikan diskon 60% dari published sekitar Rp1,3 juta/kamar untuk Earth Hour ini,” katanya.

Advertisement

Selain Hotel Star, beberapa hotel di Semarang juga ikut berpartisipasi merayakan Earth Hour atau Jam Bumi 2017 dengan mematikan lampu dan peralatan listriknya, antara lain, Hotel Ciputra dan Hotel Grand Candi Semarang. Bahkan, beberapa perkantoran pemerintah juga ikut mematikan listrik selama 1 jam, seperti kompleks Balai Kota Semarang yang memiliki beberapa kantor satuan kerja perangkat dinas (SKPD).

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif