News
Minggu, 26 Maret 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 26 Maret

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kim Jong Un (Awdnews.com)

Catatan sejarah dari tahun ke tahun pada 26 Maret terangkum dalam catatan peristiwa dunia hari ini.

Semarangpos.com, SOLO – Beragam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang dari berbagai penjuru dunia terjadi dari tahun ke tahun pada hari ke-85—hari ke-86 dalam tahun kabisat—dalam sistem kalender Gregorian, 25 Maret. Demi mengenang beragam peristiwa tersebut, Solopos.com menyajikan catatan peristiwa dunia hari ini yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

Advertisement

590
Kaisar Bizantium, Maurice, menetapkan Theodosius sebagai kaisar-bersama yang memimpin Kekaisaran Bizantium bersama dirinya. Theodosius adalah adik dari Maurice.

1027
Paus Yohanes XIX menetapkan Conrad II sebagai kaisar di Kekaisaran Romawi menggantikan Henry II. Ia menjabat hingga akhir hayatnya pada 1039 dan digantikan Henry III.

Advertisement

1027
Paus Yohanes XIX menetapkan Conrad II sebagai kaisar di Kekaisaran Romawi menggantikan Henry II. Ia menjabat hingga akhir hayatnya pada 1039 dan digantikan Henry III.

1917
Pertempuran di Gaza, Palestina untuk kali pertama meletus melibatkan pasukan kekaisaran Ottoman dan pasukan Inggris. Pasukan Inggris yang mencoba menduduki Gaza diserang 17.000 tentara kekaisaran Ottoman. Dalam pertempuran ini, pasukan Ottoman berhasil memnjadi pemenang.

Foto legendaris penaklukan Pulau Iwo Jima. (Learnnc.org)

Advertisement

1979
Presiden Mesir Anwar Sadat dan Perdana Menteri Israel Menachem Begin menandatangani perjanjian damai yang mengakhiri perang yang melibatkan kedua negara tersebut selama 30 tahun. Dalam perjanjian itu, Israel bersedia menarik pasukannya dari Semenanjung Sinai. Sebagai imbalan kepada Israel, Mesir bersedia mengakui Israel sebagai negara berdaulat.

1971
Pakistan Timur mendeklarasikan kemerdekaannya dan melepaskan diri dari Pakistan. Kini, negara ini dikenal dengan nama Bangladesh. Deklarasi itu sekaligus menjadi awal meletusnya Pertempuran Kemerdekaan Bangladesh.

1991
Argentina, Brazil, Uruguay dan Paraguay menandatangani Perjanjian Asuncion untuk mendirikan organisasi bernama Mercosur. Mercsour didirikan untuk membuka perdagangan bebas antara negara-negara tersebut.

Advertisement

Mike Tyson. (JIBI/Solopos/Reuters)

1992
Petinju kelas berat Mike Tyson dijatuhi hukuman enam tahun kurungan penjara setelah dituduh melakukan pemerkosaan. Namun hanya dalam waktu tiga tahun, Tyson sudah dapat menghirup udara segar di luar penjara alias dibebaskan.

2002
Gempa bumi dahsyat mengguncang kawasan utara Afganistan. Sebanyak 1.800 orang tewas dan sedikitnya 10.000 orang kehilangan tempat tinggal mereka.

Advertisement

2014
Sekolah-sekolah di Korea Utara memberlakukan aturan kepada para siswa laki-laki untuk memiliki gaya rambut seperti pemimpin negeri tersebut, Kim Jong Un. Korea Utara memang membatasi gaya rambut dan gaya berpakaian rakyatnya. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif