Sport
Sabtu, 25 Maret 2017 - 19:30 WIB

Wanita Meksiko Mengandung Kista Seberat 33 Kg di Rahimnya

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wanita mengandung 33 kg kista. (Thesun)

Kisah unik tentang seorang wanita yang mengandung kista berbobot 33 kg dalam rahimnya.

Solopos.com, SOLO—Seorang wanita asal Meksiko mengandung kista berdiameter 0,5 m dan keliling 157 cm dengan berat 33 kg dalam rahimnya. Dokter akhirnya bisa mengeluarkan kista dari rahim wanita tersebut pada tahun lalu.

Advertisement

Seperti dilansir Thesun, Senin (21/3/2017), wanita berumur 24 tahun yang tak bersedia disebutkan namanya itu mengalami gangguan berjalan, bernapas, dan gangguan makan karena tekanan kista yang terlalu besar.

Awalnya, wanita tersebut berpikir ia mengalami kelebihan berat badan. Ia pun mencoba program diet  dengan tujuan agar berat badannya turun. Dia mendapati tangan, kaki, dan wajahnya mengecil, namun perutnya malah semakin membesar.

Setelah mengandung kista selama lebih 11 bulan, akhirnya Erik Hanson Viana, seorang dokter di rumah sakit umum di Meksico berhasil mengangkat kista itu.

Advertisement

“Ini adalah kista paling besar yang pernah saya tangani. Ukurannya sangat besar hingga memenuhi 95% perut pasien,” ujar Hanson.

Hanson juga mengatakan jika kista raksasa itu tak segera diangkat, wanita itu tidak akan dapat berjalan dan dia akan mengalami malnutrisi karena kesulitan makan. Mengoperasi kista raksasa merupakan hal yang langka. Meskipun pada tahun 1902 sudah pernah terjadi kista raksasa serupa dengan bobot 145 kg.

Setelah sukses melakukan operasi untuk menyelamatkan pasiennya, Erik Hanson Viana terlihat berfoto dengan menggendong kista yang bobotnya setara dengan 10 bayi itu.

Advertisement

Enam bulan setelah operasi, wanita penderita kista itu pulih dan dapat berjalan seperti sedia kala. (Vega Della Septyanti/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif