News
Jumat, 24 Maret 2017 - 18:11 WIB

Ongkos Haji 2017 Naik Jadi Rp34,89 juta, Ini Alasannya

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi jamaah haji (Dok/JIBI/Solopos)

Ongkos haji 2017 naik menjadi Rp34,89 juta. DPR menyetujui angka tersebut dengan beberapa alasan.

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah dan DPR sepakati rata-rata Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) pada tahun ini senilai Rp34,89 juta. Jumlah tersebut sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan BPIH tahun lalu yang senilai Rp34,64 juta.

Advertisement

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, mengatakan komponen BPIH yang dibayar langsung oleh calon jemaah haji akan dialokasikan untuk pembayaran tiket pesawar dan passenger service charge, pemondokan di Makkah, serta living allowance.

“Besaran rata-rata BPIH tahun ini termasuk biaya tiket penerbangan senilai Rp26,14 juta, pemondokan di Makkah Rp3,39 juta, dan living allowance Rp5,35 juta,” katanya, Jumat (24/3/2017).

Lukman pun mengapresiasi Komisi VII DPR yang menyetujui BPIH tahun ini sesuai jadwal. Pasalnya, pembahasan BPIH membutuhkan proses panjang, karena harus mempertimbangkan berbagai hal.

Advertisement

Komisi VII DPR menilai penaikan nilai BPIH tahun ini adalah hal yang wajar dan proporsional, karena meningkatnya harga bahan bakar avtur, dan pertimbangan inflasi yang terjadi di Arab Saudi. Penerapan BPIH sendiri nantinya akan berbeda di setiap daerah berdasarkan embarkasi keberangkatan seperti tahun lalu.

Dengan rata-rata BPIH Rp34,64 juta pada tahun lalu, embarkasi Aceh, Batam, Medan, dan Padang membayar lebih murah dibandingkan dengan embarkasi lainnya. Sementara itu, Embarkasi Makassar, Lombok, dan Balikpapan harus membayar BPIH lebih mahal, karena berbagai pertimbangan.

BPIH yang telah disepakati itu nantinya akan ditetapkan ke dalam Keputusan Presiden, dan para calon jemaah haji dapat langsung melakukan pelunasan dengan menyetorkan selisih yang belum dibayarkan.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif