Lifestyle
Jumat, 24 Maret 2017 - 14:30 WIB

5 Hal Ini Berbahaya Dilakukan Setelah Makan, Salah Satunya Minum Teh!

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi makan makanan sehat (kodjoworkout.com)

Mandi, minum teh, dan merekok ternyata tidak boleh dilakukan setelah makan.

Solopos.com, SOLO — Banyak orang yang tak memiliki banyak waktu luang dan selalu mengerjakan rutinitas dengan terburu-buru. Kadang-kadang, habis sarapan kita langsung mandi, sepertinya itu hal yang tak berbahaya.

Advertisement

Dikutip dari laman Bright Side, Jumat (24/3/2017), ada lima hal yang tak boleh dilakukan setelah makan. Berikut ulasannya;

Mandi

Advertisement

Mandi

Saat mandi, suhu tubuh kita sedikit naik. Untuk mengatasinya, tubuh mengirim sedikit lebih banyak darah ke kulit dibanding biasanya. Hal ini dapat merusak proses pencernaan dan memperlambat metabolisme.

Waktu terbaik mandi adalah 30 menit setelah makan.

Advertisement

Bagi sebagian orang, secangkir teh hangat sudah jadi kebiasaan untuk menemani santapan. Namun studi menunjukkan bahwa minuman yang tak berbahaya ini dapat mengganggu penyerapan zat besi, mineral yang memainkan peran penting dalam tubuh kita.

Oleh sebab itu, anak-anak, ibu hamil dan orang-orang yang menderita kurang zat besi harus menghindari minum teh setidaknya satu jam setelah makan.

Orang dewasa sebaiknya justru minum kopi yang memang tak boleh diminum saat perut kosong. Atau minum air putih saja.

Advertisement

Tidur

Mitos bahwa tidur bisa membuat gemuk sudah dibantah sejak lama. Namun, tidur dengan perut kenyang bisa menyebabkan heartburn atau rasa panas di dada, sendawa dan tingginya asam lambung.

Apalagi sudah terbukti bahwa kebiasaan tidur langsung setelah makan siang atau makan malam bisa meningkatkan risiko stroke.

Advertisement

Para ahli sepakat tidur sebaiknya dilakukan setidaknya 2 jam setelah makan.

Olah raga

Para ahli tidak menyarankan berolah raga sesaat setelah makan, alasannya bisa menimbulkan ketidaknyamanan seperti cegukan, mual, peningkatan risiko trauma dan kejang.

Tunggu setidaknya dua jam setelah makan untuk berolah raga atau sebaiknya jalan kaki saja untuk mengawali olah raga.

Rokok

Hampir semua sistem dalam tubuh kita bekerja selama proses pencernaan aktif. Dalam hal ini, nikotin akan diserap dua kali lipat banyaknya, oleh karenanya dapat meningkatkan efek bahayanya.

Tembakau juga terbukti bisa menghambat penyerapan vitamin dan mineral termasuk kalsium dan vitamin C dan D.

Sebaiknya memang Anda berhenti merokok sepenuhnya tapi kalau tidak bisa, tunggu setidaknya 20 menit setelah makan sebelum merokok.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif