Jogja
Kamis, 23 Maret 2017 - 10:20 WIB

TRANSPORTASI UDARA : Rute Baru Jogja-Lampung Sriwijaya Air Capai 99%

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pesawat Sriwijaya Air di Terminal B Bandara Adisutjipto saat akan lepas landas mengawali rute baru Jogja-Lampung, Rabu (22/3/2017). (Holy Kartika N.S./JIBI/Harian Jogja)

Transportasi udara, Sriwijaya memiliki rute baru

Harianjogja.com, SLEMAN — Sriwijaya Air membuka rute baru, Jogja-Lampung dengan penerbangan perdana di Bandara Adisutjipto, Rabu (22/3/2017). Okupansi penerbangan perdana ini mencapai 99% dengan jumlah 148 seat.

Advertisement

Distrik Manager Sriwijaya Air Jogja, Faisal Rahman mengatakan rencana pembukaan rute ini sudah direncanakan sejak tahun 2014, namun baru terealisasi di tahun ini. Selama ino, animo dan trafik penerbangan ke Jogja ke Lampung maupun sebaliknya melalui Jakarta sangat tinggi.


Pesawat Sriwijaya Air di Terminal B Bandara Adisutjipto saat akan lepas landas mengawali rute baru Jogja-Lampung, Rabu (22/3/2017). (Holy Kartika N.S./JIBI/Harian Jogja)

“Untuk memecah kepadatan trafik akhirnya kami membuka rute baru ini. Karena rute Jogja Lampung merupakan rute yang sangat unik dan tidak seperti rute Jakarta,” ujar Faisal.

Advertisement

Rute ini dibuka sore hari pada pukul 16.55 WIB dengan jarak tempuh satu jam 20 menit dari Jogja. Faisal mengaku tidak menyangka minat masyarakat Lampung maupun Jogja yang dapat terbang langsung ke rute ini sangat tinggi.

Lebih lanjut Faisal menambahkan, di hari biasa rute Jogja-Lampung melalui Jakarta per hari sekitar 50 penumpang. “Bahkan, saat ini masih ada sekita 30 sampai 40 penumpang yang masih melewati Jakarta,” imbuhnya.

General Manager Angkasa Pura I, Agus Pandu Purnama menambahkan rute ini diharapkan dapat semakin melayani kebutuhan masyarakat akan akses Jogja-Lampung. Bahkan tingkat keterisian pesawat juga menunjukkan angka yang cukup bagus yakni lebih dari 90%.

Advertisement

“Selama ini, rata-rata hanya sekitar 86 persen. Sedangkan ini sampai 99 persen. Hadirnya rute baru ini, akan menjadi tambahan rute penerbangan baru di Jogja,” ujar Pandu.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif