Soloraya
Kamis, 23 Maret 2017 - 20:15 WIB

KONFLIK KERATON SOLO : Situasi Keraton Kondusif, Pasukan Pengamanan Ditarik

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pengamanan di Kompleks Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Kamis (23/3/2017). Eddy Wirabhumi Cs. harus mengosongkan Keraton paling lambat Kamis pukul 17.00 WIB. (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Konflik Keraton Solo, polisi menarik tim pengamanan dari Keraton Solo.

Solopos.com, SOLO — Puluhan polisi yang menjaga Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat sejak Kamis (23/3/2017) pagi sudah mulai ditarik markas pada sore hari. Hal itu menyusul situasi kondusif hingga batas waktu terakhir pengosongan Keraton oleh 17 pengageng termasuk K.P. Eddy Wirabhumi.

Advertisement

Informasi yang diperoleh Solopos.com, kedua kubu yang bertikai mengadakan pertemuan di Keraton. Kapolsek Pasar Kliwon, AKP Suwandi, mewakili Kapolresta Solo AKBP Ribut Hari Wibowo, mengatakan pertemuan antara Satgas Panca Narendra (Tim Lima) dan Dewan Adat Keraton Solo berjalan lancar. Situasi yang sempat memanas sehari sebelum acara pertemuan sudah mulai cair saat kedua kubu duduk bersama.

“Kami tidak ikut campur hasil pertemuan di dalam Keraton Solo. Penjagaan hanya dilakukan sampai pintu masuk Keraton Solo,” ujar Suwandi saat dihubungi Solopos.com, Kamis (23/3/2017).

Menurut Suwandi, posko pengamanan Keraton Solo dipusatkan di Mapolsek Pasar Kliwon. Pengamanan dilakukan secara tertutup dan terbuka. Setelah pertemuan selesai sekitar pukul 16.00 WIB semua petugas pengamanan secara terbuka langsung ditarik ke Mapolsek.

Advertisement

“Kami masih melakukan pengamanan secara terbuka dengan berpatroli keliling di kawasan Baluwarti sampai Gajahan,” kata dia.

Ia memastikan kondisi di Keraton Solo kondusif, tidak ada gerakan massa dari luar daerah masuk ke Keraton. Antisipasi tetap dilakukan dengan penjaga pintu gerbang masuk ke Keraton Solo.

Wakapolresta Solo, AKBP Andy Rifai, mengatakan puluhan anggota Polresta Solo dari Satuan Brimob mengendarai sepeda motor trail berjaga di pintu masuk utama ruang pertemuan. Setelah acara selesai petugas pengamanan ditarik di Polresta Solo.

Advertisement

“Pengamanan Keraton Solo sementara ini diserahkan ke Polsek Pasar Kliwon. Kami pastikan kondisi Keraton Solo aman setelah pertemuan kedua dua berseteru selesai,” kata dia.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif