Teknologi
Kamis, 23 Maret 2017 - 14:30 WIB

GAME KONSOL : Begini Desain Baru Controller Xbox One

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Controller terbaru untuk Xbox One. (Istimewa/Microsoft)

Microsoft gencar memperbaiki perangkat permainan Xbox One.

Solopos.com, NEW YORK – Raksasa teknologi Microsoft baru saja memperkenalkan rangkaian perangkat permainan Xbox One. Microsoft menyajikan rancangan terbarunya berupa pengendali (controller) dengan bentuk baru yang diklaim lebih ergonomis (nyaman).

Advertisement

Dilansir Polygon, Kamis (23/3/2017), Microsoft menjanjikan peningkatan performa di controller seri baru ini. Controller baru itu dinamakan Recon Tech Special Edition. Desain controller ini disebut terinspirasi dari teknologi dan pola militer. Hal itu bisa terlihat dari pemilihan warnanya.

Bodi controller didominasi warna abu-abu gelap dengan tekstur laser terukir dan aksen berwarna emas seperti lencana militer. Bagian tanduk controller memiliki pegangan karet dengan pola berlian.

Advertisement

Bodi controller didominasi warna abu-abu gelap dengan tekstur laser terukir dan aksen berwarna emas seperti lencana militer. Bagian tanduk controller memiliki pegangan karet dengan pola berlian.

Microsoft akan merilis controller Recon di seluruh dunia pada 25 April, gamepad dengan banderol US$69,99 atau sekitar Rp900.000-an.

Microsoft memang sedang gencar dalam perang perangkat gaming. Sebelum pembaruan controller ini, Microsoft mengusung perbaikan Xbox One melalui proyek yang diberi nama “Scorpio.”

Advertisement

Menurut Windows Central, Project Scorpio membawa beberapa peningkatan. Kabarnya, perangkat tersebut mendukung Shader Model 6, versi baru dari API. Sehingga, perangkat menjalankan game dengan lebih baik.

Selain itu, berkat supersampling dan teknik antialiasing, Project Scorpio mendukung game 4K Xbox One tampil lebih baik pada TV 1080p.

Pada pertengahan 2016, selama acara E3 2016, Microsoft mengonfirmasi keberadaan proyek Scorpio yang secara dasar merupakan peningkatan dari konsol game Xbox One. Berdasarkan keterangan bos Microsoft Xbox Phil Spencer, dikonfirmasi bahwa antara hardware dan software (game) untuk proyek Scorpio tengah dalam pengerjaan.

Advertisement

Sayangnya, ia tidak mengatakan mengenai tanggal pasti ataupun spesifikasi lengkap mengenai perangkat yang akan diluncurkannya nanti. Namun sebelumnya, Microsoft juga telah mengonfirmasi bahwa dalam proyek Scorpio ini tidak akan ada game eksklusif yang dibawakannya.

Sementara bocoran lainnya mengatakan bahwa Scorpio akan memiliki resolusi mencapai 4K, namun bukan berarti hal itu akan menggantikan konsol game Xbox One yang telah berusia kurang dari lima tahun.

Dengan demikian, diperkirakan bahwa game yang akan dibawakan pada proyek Scorpio ini akan dapat dimainkan pula pada perangkat Xbox One saat ini.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif