News
Rabu, 22 Maret 2017 - 12:10 WIB

TRENDING SOSMED : Daur Ulang Air Limbah Jadi Fokus Hari Air Sedunia 2017

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Karya seni dari pasir untuk memperingati Hari Air Sedunia (Istimewa/Twitter/@sudarnasansand)

Trending Sosmed kali ini tentang peringatan Hari Air Sedunia.

Solopos.com, SOLO – Peringatan Hari Air Sedunia menguasai media sosial (medsos) Twitter, Rabu (22/3/2017), pagi. Hal itu dibuktikan dengan tagar #worldwaterday yang bertengger di puncak trend Twitter wilayah Indonesia.

Advertisement

Hari Air Sedunia diperingati setiap 22 Maret. Peringatan ini diumumkan pada 22 Maret 1992 berdasarkan Sidang Umum ke-47  Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) yang diselenggarakan di Rio de Janiero, Brasil. Peringatan pertama dilaksanakan pada 22 maret 1993. Hari Air Sedunia bertujuan untuk menggencarkan kepedulian masyarakat mengenai pentingnya air bersih.

Setiap tahunnya PBB mengangkat tema khusus untuk memperingati Hari Air Sedunia. Untuk 2017, tema yang diangkat yakni Why wastewater? Tema ini mengajak seluruh masyarakat dunia untuk mengubah cara mengolah air limbah.

Berdasarkan data PBB, lebih dari 80% air limbah yang ada di bumi mengalir kembali ke tanah tanpa pengolahan yang jelas. Oleh karena itu bersamaan dengan peringatan Hari Air Sedunia, dikampanyekan gerakan mengolah ulang air limbah agar bisa kembali digunakan, baik untuk mencuci, irigasi, atau proses produksi. Penggunaan air yang lebih efisien dan mengurangi unsur polutan masuk ke dalam air juga menjadi fokus peringatan Hari Air Sedunia tahun ini.

Advertisement

Advertisement

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Rabu (22/3/2017), tagar #worldwaterday masih memimpin trending topic Twitter pada pukul 10.27 WIB, kurang lebih 15.000 cuitan tentang Hari Air Sedunia diunggah oleh netizen Indonesia. Turut memperingati Hari Air Sedunia, Twitter membuat emoticon tetesan air yang muncul setelah tagar #worldwaterday.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif