Jogja
Rabu, 22 Maret 2017 - 20:20 WIB

PUNGLI GUNUNGKIDUL : Tim Saber Pungli Bidik Kasus Pengurusan Prona

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Pungli Gunungkidul mulai dibidik oleh Tim Saber Pungli

 
Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Pemerintah Kabupaten Gunungkidul telah mengukuhkan tim sapu bersih pungutan liar sejak akhir tahun lalu. Hingga sekarang, tim ini sudah mendapatkan laporan tentang kegiatan pungli. Laporan ini berkaitan dengan praktik pengurusan prona di dua desa di Gunungkidul.

Advertisement

Ketua Tim Saber Pungli Gunungkidul Komisaris Polisi Verena Sri Wahyuningsih mengungkapkan, dugaan praktik pungli dalam pengurusan prona diperoleh dari laporan masyrakat. Hasil laporan itu, kata dia, dijadikan bahan untuk pengungkapan. Namun hingga sekarang tim masih terus melakukan penyelidikan.

“Kita tidak boleh gegabah karena prosesnya tidak mudah. Untuk itu, laporan yang masuk masih kita dalami. Nanti kalau memang benar adanya praktik pungli maka akan dilakukan penengakan,” kata Verena kepada Harianjogja.com, Selasa (21/3/2017).

Menurut dia, dugaan praktik pungli dalam pengurusan prona terjadi di dua desa di Gunungkidul. Hanya saja, ia enggan mengungkapkan desa mana yang masuk dalam bidikan tim saber pungli. “Saya belum bisa sebut nama desanya karena ini demi kepentingan penyelidikan,” katan mantan Kapolsek Berbah ini.

Advertisement

Ditambahkannya, untuk pengungkapkan kasus pungli, pihaknya tidak bisa bergerak sendiri dan harus dikoordinasikan dengan instansi lain seperti Kejaksanaan Negeri dan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul.

“Kita terus lakukan komunikasi untuk menyamakan visi misi yang dimiliki dalam upaya pengungkapan praktik pungli,” papar dia.

Terpisah, Anggota Tim Saber Pungli Gunungkidul yang juga Kasubag Humas Polres Gunungkidul Iptu Ngadino mengungkapkan, dalam tim saber terdapat dalam tim cegah, lidik, intelejen, penindakan serta yustisia. “Kebetulan saya masuk dalam tim untuk pencegahan,” katanya.

Advertisement

Menurut dia, untuk tindakan pencegahan praktik pungli, tim saber telah melakukan beberapa kegiatan seperti pembuatan pamflet untuk bahan sosialisasi hingga kegiatan penyuluhan tentang bahaya pungli. “Kami akan terus berupaya dan komitmen untuk memberantas adanya praktik pungli baik melalu upaya pencegahan hingga penindakan,” katanya.

Ngadino menambahkan, untuk membongkar praktik ini, selain kinerja dari anggota tim saber, juga membutuhkan partisipasi dari masyarakat. Diharapkan warga memberikan laporan terkait adanya dugaan praktik tersebut.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif