Jogja
Rabu, 22 Maret 2017 - 02:40 WIB

LAYANAN IBADAH : BWS Luncurkan Taska Umrah dengan Lindung Nilai

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Denny Novisar Mahmuradi Direktur UKM dan Konsumer Bank Woori Saudara berfoto usai memukul gong sebagai simbol peluncuran produk Taska Umrah di Omah Dhuwur, Selasa (21/3/2017). (Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati)

Taska umrah sendiri adalah tabungan yang dicicil dengan suku bunga 4,5% plus asuransi gratis.

Harianjogja.com, JOGJA-Jumlah jemaah umrah asal Indonesia setiap tahun terus meningkat. Hal tersebut membuat Bank Woori Saudara meluncurkan produk Taska Umrah.

Advertisement

Berdasarkan data Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, jumlah visa yang telah dikeluarkan untuk Indonesia selama 2016 kemarin mencapai 818.000 jemaah. Data tersebut meningkat 7,2% dari tahun sebelumnya.

Denny Novisar Mahmuradi selaku Direktur UKM dan Konsumer BWS mengatakan, melihat peluang tersebut, BWS tak ingin menyia-nyiakannya dan ingin membantu calon jamaah umrah untuk merencanakan perjalanan ibadah melalui program Taska Umrah Fully Hedge periode maret sampai Agustus 2017. “Peluang ini akan digarap menjadi pasar yang menguntungkan bagi perbankan,” katanya saat peluncuran di Taska Umrah di Omah Dhuwur, Selasa (21/3).

Taska umrah sendiri adalah tabungan yang dicicil dengan suku bunga 4,5% plus asuransi gratis. Salah satu keunggulan dari program ini yakni adanya lindung nilai. Dengan lindung nilai atau hedging, biaya umrah tetap tidak berubah meski kurs dolar terus mengalami kenaikan. Jamaah tidak dibebankan dengan kenaikan kurs tersebut melainkan akan ditanggung oleh BWS. Dalam menghadirkan program ini, BWS bermitra dengan salah satu travel agent yaitu PT Nur Ramadan.

Advertisement

Denny mengatakan, sebenarnya dua tahun lalu Taska Umrah sudah pernah diluncurkan, hanya saja saat itu tidak ada komponen lindung nilai. Saat ini Taska Umrah di re-package atau kemas ulang lagi. Melihat keuntungan yang ditawarkan tersebut, ia berharap banyak jamaah yang akan memanfaatkannya untuk menjalankan ibadah di Tanah Suci.

Menurut Denny, dengan adanya program ini, BWS tidak hanya berpikir semata untuk bisnis tetapi ada unsur ibadah dalam memudahkan masyarakat melakukan umrah. Taskah Umrah ini diluncurkan di area Jogja dan Jawa Tengah. BWS memilih Kota Jogja untuk melaksanakan launching Taska Umrah karena Jogja dipandang sebagai salah satu kota terbesar yang memberangkatkan calon jamaah di Indonesia.

Ia berharap produk ini bisa segera diduplikasikan ke daerah lain. Dari 21 cabang BWS di Indonesia, ditargetkan bisa menggaet setidaknya dua travel agent. Dari dua travel agent tersebut kemudian bisa menarik minat 100 jamaah. “Kalau sekali keberangkatan Rp22 juta, nilainya sudah besar itu,” katanya.

Advertisement

Sementara Funding and Services Division Head BWS Raden Yudi Gunawan berencana akan mengenalkan produk Taska Umrah ini ke daerah Jawa Barat, Jakarta, dan Jawa Timur.

Dede Haris Sumarno selaku Wakil Diretur Dana Pensiun Muhammadiyah mengatakan, Indonesia menjadi negara ketiga terbesar dalam mengikuti ibadah haji maupun umrah. Ia berharap, program Taska Umrah mendapat sambutan baik oleh masyarakat. “Semoga niatan BWS yang ingin membantu jamaah berangkat umrah bisa terlaksana,”tuturnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif