Jogja
Selasa, 21 Maret 2017 - 04:20 WIB

LONGSOR GUNUNGKIDUL : Dua Rumah Terancam Ambrol Karena Longsor

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi tanah longsor (JIBI/Solopos/Antara)

Longsor Gunungkidul mengancam dua rumah

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Longsor yang terjadi di Dusun Gedad, Desa Banyusoco, Kecamatan Playen pada Senin (20/3/2017) dini hari menyebabkan sebuah tanggul ambrol. Akibanya dua rumah warga yang terdapat di sekitar tanggul terancam ambrol.

Advertisement

Wakapolsek Playen Iptu Teguh Dwi Santoso mengatakan, hujan sepanjang malam yang terjadi di Kecamatan Playen pada Minggu (19/03/2017) malam hingga Senin (20/03/2017) dini hari menyebabkan tanggul ambrol. Kata dia longsor yang terjadi sekitar pukul 05.00 WIB itu mengancam dua rumah di sekitarnya.

“Mengancam dua rumah warga yang dihuni oleh sembilan orang,” kata dia, Senin (20/3/2017).

Teguh menjelaskan longsor yang terjadi membuat tanggul pondasi sepanjang 15 meter dan setinggi 7 meter yang terletak di depan rumah Nur Kholis dan Kardi ambrol. Material longsor sendiri sempat menimpa sebagian dari Jalan Banyusoco – Playen.

Advertisement

Kendati demikian tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun akibat longsor diperkirakan menyebabkan kerugian hingga jutaan rupiah.

Dia menambahkan, longsor yang terjadi akibat mengemburnya tanah karena diterjang hujan sepanjang malam hingga pagi. Sehingga membuat tanggul keropos dan akhirnya ambrol. “Harus dilakukan penambalan, jika tidak dikhawatirkan longsor susulan akan terjadi dan menggerus rumah dua warga tersebut,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif