Jateng
Senin, 20 Maret 2017 - 10:50 WIB

WISATA KENDAL : Pengunjung Duga Ada Pungli di Pantai Ngebum

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pantai Ngebum di Desa Mororejo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jateng. (Instagram-@syafinasalma)

Wisata ke Pantai Negbum, Kendal diduga warga mengandung praktik pungutan liar (pungli).

Semarangpos.com, SEMARANG – Seorang pengguna akun Facebook Massana mengeluh di dinding grup Facebook Media Informasi Kota Semarang seusai mengunjungi objek wisata Pantai Ngebum, Desa Mororejo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah (Jateng), Minggu (19/3/2017). Ia menduga telah terjadi praktik pungutan liar (pungli) di Pantai Ngebum.

Advertisement

Di dinding grup Facebook MIK Semar, Massana memaparkan dirinya telah dikutip biaya senilai Rp10.000 untuk duduk di kursi yang tersedia di pantai tersebut. Menurutnya, pengutipan biaya tersebut adalah aksi pungli karena si pengutip tak memberikan karcis. “Aku enggak ke sini baru ini sering, tapi ada karcis juga, kyke enggak 10ribu juga. Ini pungli ndak masuk kas pengelola,” tulis Massana.

Sebagian netizen member grup Facebook MIK Semar pun menyatakan hal senada dengan pengguna akun Facebook Massana. Mereka menganggap pemungutan biaya senilai Rp10.000 untuk sewa kursi tanpa karcis adalah pungli.

Sementara itu, sebagian netizen lainnya memaparkan kusri atau tikar yang tersedia di Pantai Ngebum itu milik warga sekitar. Mereka juga mengungkapkan kursi atau tikar itu memang disewakan untuk pengunjung tanpa menggunakan karcis resmi dari pihak pengelola Pantai Ngebum.

Advertisement

Bukan hanya itu, mereka memaparkan harga sewa kursi senilai Rp10.000 masih dalam taraf wajar di objek wisata. “Itu kan yang nyewain kursi atau kloso warga desa sekitar pantai, harga segitu masih normallah,” tulis pengguna akun Facebook Riska Apriliani.

Sejumlah netizen lain justru lantas mencibir salah satu objek wisata di Kabupaten Kendal tersebut. Mereka menganggap Pantai Ngebum tak menyajikan pemandangan yang indah. Mereka mengimbau kepada netizen lain untuk berwisata ke pantai lain yang ada di Kota Semarang dibanding ke Pantai Ngebum di Kendal.

Terlepas dari tuduhan pungli dan cibiran netizen, Pantai Ngebum memang menjadi destinasi wisata favorit warga Kendal dan sekitarnya. Dengan harga tiket masuk senilai Rp3.000, sebagian netizen member grup Facebook MIK Semar menganggap Pantai Negbum sebagai objek wisata murah meriah. (Ginanjar Saputra JIBI/Semarangpos.com)

Advertisement

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif