Jateng
Senin, 20 Maret 2017 - 14:50 WIB

PILKADA 2018 : PKS Prioritaskan Kader untuk Pilgub Jateng

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ketua Dewan Pengurus Wilayah Partai Keadilan Sejahtera K.H. Kamal Fauzi. (pks.or.id)

Pilkada atau Pilgub Jateng 2018 disongsong PKS dengan mengelus kader untuk menjadi calon.

Semarangpos.com, SEMARANG — Partai Keadilan Sejahtera bersiap dini menghadapi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) atau lebih kondang disebut Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah (Jateng) 2018. Partai berbasis kaum muslim itu bertekad memprioritas kader partai untuk maju menjadi calon.

Advertisement

“Banyak kader PKS Jateng yang memiliki potensi untuk diusung pada Pilgub Jateng 2018,” kata Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PKS Jateng, Kamal Fauzi, di sela-sela Rapat Koordinasi Wilayah DPW PKS Jateng di Semarang, Minggu (19/3/2017). Rakorwil tersebut dihadiri perwakilan pengurus DPD PKS dari 35 kabupaten dan kota se-Jateng.

Kendati demikian, ia menjelaskan bahwa keputusan penentuan calon gubernur yang akan diusung pada Pilgub atau Pilkada Jateng 2018 mendatang tetap menjadi kewenangan DPP PKS. “Dalam rakorwil ini kami menampung usulan-usulan dari DPD mengenai sosok kader internal yang akan diusung nanti,” ujarnya.

Menurut dia, saat ini sedang dilakukan penjaringan secara internal mengenai kandidat Pilgub Jateng. “Sekarang baru proses penjaringan di wilayah yang nanti akan diputuskan oleh pengurus tingkat wilayah, dan setelah itu baru kami rekomendasikan ke DPP,” katanya.

Advertisement

Selain menjaring calon internal partai, kata Kamal, PKS juga terus melakukan komunikasi dengan partai politik yang lain, meskipun hingga sekarang belum mengarah ke nama calon yang akan diusung pada Pilgub atau Pilkada Jateng 2018 itu. “Komunikasi formal kami lakukan dengan pertemuan sejumlah parpol, sedangkan yang komunikasi nonformal dilakukan oleh teman-teman di fraksi,” ujarnya.

Selain upaya pemenangan Pilgub Jateng 2018, PKS juga menekankan pentingnya menjaga situasi kondusif di Jawa Tengah selama pelaksanaan pesta demokrasi tiap lima tahun itu. Dalam Pilgub atau Pilkada Jateng 2018 itu, PKS juga bertekad menggaet para pemilih pemula guna memenangkan kandidat yang diusung.

“Potensi pemilih pemula cukup besar pada pilgub mendatang, apalagi PKS dikenal sebagai partainya anak muda,” kata Kamal Fauzi.

Advertisement

Terkait dengan hal tersebut, para pengurus DPW PKS Jateng dan 35 DPD PKS se-Jateng diminta membuat berbagai terobosan untuk menggaet pemilih pemula pada pilgub mendatang. “Para kader yang menjadi pengurus di tingkat provinsi dan kabupaten/kota perlu merumuskan langkah-langkah strategis,” ujarnya.

Menurut dia, PKS terus melakukan komunikasi dengan partai politik yang lain, meskipun hingga sekarang belum mengarah ke nama calon yang akan diusung pada Pilgub Jateng. “Komunikasi formal kami lakukan dengan pertemuan sejumlah parpol, sedangkan yang komunikasi nonformal dilakukan oleh teman-teman di fraksi,” katanya.

Sekretaris Umum DPW PKS Jawa Tengah Ikhsan Mustofa mengatakan salah satu agenda utama Rakorwil adalah pembahasan strategi pemenangan Pilgub Jateng 2018. “Dalam rakorwil, kami juga mempersiapkan mesin partai di lapangan sehingga struktur dan mesin partai hingga tingkat kelurahan akan siap menyambut tantangan Pilgub Jateng 2018,” ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif