Sport
Senin, 20 Maret 2017 - 18:25 WIB

Indonesia Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Level Dua BWF

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi bulu tangkis. (JIBI/Solopos.com/Dok)

BWF menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah kejuaraan bulu tangkis level dua.

Solopos.com, JAKARTA – Badminton World Federation (BWF) mengumumkan struktur baru dalam penyelenggaraan turnamen internasional. Indonesia mendapat kehormatan menjadi tuan rumah turnamen level dua yang diperebutkan oleh banyak negara.

Advertisement

Kejuaraan level dua merupakan kejuaraan terbuka paling bergengsi yang levelnya hanya satu tingkat dibawah olimpiade, kejuaraan dunia dan super series finals. Hanya tiga negara yang dinobatkan sebagai tuan rumah kejuaraan level dua untuk periode 2018-2021 ini. Selain Indonesia, Tiongkok dan Inggris juga menjadi tuan rumah kejuaraan level dua.

“BWF telah memutuskan Indonesia menjadi tuan rumah kejuaraan level 2, karena dinilai dari penyelenggaraan BCA Indonesia Open sebelumnya yang dijadikan sebagai barometer bagi negara-negara lain,” tutur Kasubid Hubungan Internasional PP PBSI, Bambang Roedyanto, di Badmintonindonesia.org, Senin (20/3/2017).

“Kita dinilai kreatif dalam mengemas BCA Indonesia Open, hospitality-nya juga bagus, antusiasme penontonnya luar biasa. Ditambah lagi pertimbangan ada renovasi Istora, semakin menambah nilai kejuaraan ini untuk ke depannya. Rencananya total hadiah kejuaraan senilai US$1,25 juta,” sambungnya.

Advertisement

“Kalau All England memang dinilai BWF juga layak masuk level dua, karena selain turnamen tertua, penontonnya juga makin ramai. Sedangkan Tiongkok punya sponsor yang banyak,” tambah Rudy.

Rudy menambahkan ketentuan poin kejuaraan dan persyaratan peserta kejuaraan masih didiskusikan BWF bersama Council Member. Berikut daftar negara penyelenggara kejuaraan internasional BWF periode 2018 – 2021:

Level 1 (Prize money minimal US$1,5 juta – khusus super series final): Olimpiade, Kejuaraan Dunia, Super Series Finals

Advertisement

Level 2 (Prize money minimal US$1 juta): Indonesia, Tiongkok, Inggris (All England)

Level 3 (Prize money minimal US$700.000: Tiongkok, Denmark, Perancis, Jepang dan Malaysia

Level 4 (Prize money minimal US$350.000): Indonesia, Korea, Malaysia, Singapura, Thailand, Hong Kong, India

Level 5 (Prize money minimal US$150.000): Thailand, Taiwan, India, Korea, Makau, Australia, Selandia Baru, Jerman, Spanyol, Swiss dan Amerika Serikat

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif