Jogja
Minggu, 19 Maret 2017 - 04:20 WIB

MINIMARKET KULONPROGO : 4 Toko Berjejaring Siap Hadir

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi minimarket. (Reuters)

Minimarket Kulonprogo akan terus bertambah

 

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO-Sebanyak 4 investor toko modern berjejaring siap beroperasi di Kulonprogo. Seluruhnya akan beroperasi di 4 kecamatan berbeda dengan sistem sewa tanah.

Kepala Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu (DPMPT) Kulonprogo, Agung Kurniawan mengatakan banyak 4 toko berjejaring modern sedang mengajukan izin. “Ada 4, semuanya sewa tanah,” terangnya pada Jumat (17/3/2017).

Momok toko tradisional itu sedianya akan beroperasi di Wates, Pengasih, Temon, dan Sentolo.

Advertisement

Agung memastikan jika toko berjejaring tersebut diharuskan bekerja sama dengan koperasi dan UMKM setempat sebagai bentuk perlindungan pada komoditas lokal. Hal ini sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Kulonprogo Nomor 11/2011 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Pasar Tradisional Serta Penataan Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern.

Meski demikian, ia mengakui jika peraturan tersebut tidak membatasi jumlah toko berjejaring yang boleh beroperasi di Kulonprogo. Hal ini berbeda dengan aturan yang diterapkan oleh daerah tetangga. Namun, dikatakan jika toko berjejaring hanya boleh beroperasi dengan jarak minimal 100 meter dari pasar tradisional.

Sebagamaina diketahui terdapat 21 toko modern berjejaring yang terdapat di Kulonprogo. Dari jumlah itu, 7 diantaranya diubah menjadi Toko Milik Rakyat (Tomira) karena berada terlalu dekat dengan pasar tradisional.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Minimarket Kulonprogo
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif