News
Minggu, 19 Maret 2017 - 18:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 19 Maret

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kolo Toure. (Liverpoolfc.com)

Catatan peristiwa penting dan bersejarah yang terjadi pada 19 Maret.

Solopos.com, SOLO – Beragam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang dari berbagai penjuru dunia terjadi pada hari ke-78—hari ke-79 dalam tahun kabisat—dalam sistem kalender Gregorian, 19 Maret. Demi mengenang beragam peristiwa tersebut, Solopos.com menyajikan catatan peristiwa dunia hari ini yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

Advertisement

Skuadron udara Amerika Serikat dalam misi pertama menyerang Pancho Villa. (Historynet.com)

1916
Amerika Serikat (AS) untuk kali pertama menggunakan pesawat tempur dalam sebuah pertempuran. Delapan pesawat tempur dikerahkan AS untuk melindungi 7.000 tentaranya yang menginvasi Meksiko dengan alasan mencari seorang revolusioner Meksiko bernama Pancho VIlla.

Advertisement

1916
Amerika Serikat (AS) untuk kali pertama menggunakan pesawat tempur dalam sebuah pertempuran. Delapan pesawat tempur dikerahkan AS untuk melindungi 7.000 tentaranya yang menginvasi Meksiko dengan alasan mencari seorang revolusioner Meksiko bernama Pancho VIlla.

1921
Salah satu pertempuran terbesar dalam Perang Kemerdekaan Irlandia meletus di Crossbarry, Provinsi Cork. Lebih dari 1.300 tentara Inggris mengepung kota tersebut untuk mengalahkan pasukan Irish Republican Army (IRA) atau Tentara Republik Irlandia yang hanya berjumlah ratusan tentara.

Sydney Harbour Bridge saat masih dalam masa pembangunan 1930. (Wikimedia.org)

Advertisement

1945
Tentara Jepang menyerang kapal induk milik Amerika Serikat (AS), USS Franklin, yang berada di Samudera Pasifik dekat Jepang menggunakan pesawat tempur. Sekitar 714 awak kapal tewas dalam serangan tersebut.

Bob Hope membawakan siaran televisi Academy Award pertama. (Hollywoodreporter.com)

1953
Academy Awards atau Piala Oscars untuk kali pertama ditayangkan di televisi dan dipandu Bob Hope. Sebelumnya, Piala Oscars hanya disiarkan melalui radio.

Advertisement

1970
Para petinggi negara Jerman Timur dan Jerman Barat untuk kali pertama menggelar sebuah pertemuan. Jerman terpecah menjadi dua bagian pada 1949 menyusul kekalahan yang dialami pada Perang Dunia II.

1981
Kolo Habib Toure atau lebih dikenal dengan panggilan Kolo Toure lahir di Bouake, Pantai Gading. Ia kini dikenal sebagai pemain sepak bola yang pernah merumput di tiga klub sepak bola besar di Inggris, yakni Arsenal, Manchester City, dan Liverpool. Kini, Kolo Toure bermain untuk klub sepak bola di Skotlandia, Celtic F.C.

2003

Advertisement

Presiden Amerika Serikat (AS) George W. Bush mengumumkan telah mengirim pasukan militernya ke Irak untuk menjalankan Operation Iraqi Freedom atau Operasi Kebebasan Irak. Bush beralasan mengirim pasukannya demi membebaskan Irak dari cengkeraman Saddam Hussein. Selain itu, Bush juga beralasan invasi militer AS ke Irak itu bertujuan untuk mencari senjata pemusnah massal yang dikembangkan Irak.

2012
Seorang pria bernama Mohammed Merah menembaki sejumlah orang di sekolah Yahudi di Toulouse, Prancis. Merah mengaku melakukan serangan terebut untuk membalas kekejaman yang ia anggap telah dilakukan tentara Yahudi Israel kepada anak-anak Palestina. Seorang guru dan tiga orang siswa tewas dalam serangan tersebut.

2014
Sebuah bom yang dikubur semasa Perang Dunia I di Kota Ypers, Belgia meledak dan menewaskan dua orang. Kota Ypers memang menjadi lokasi dari banyak pertempuran besar semasa Perang Dunia I, maka tak heran jika banyak senjata ataupun bahan peladak yang terkubur di sejumlah area di kota tersebut. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif